BNN: Peran Guru dan Orangtua Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Editor: MARITIMONLINE.COM

MARITIMONLINE.COM-Dimasa pandemi Covid-19 masih ada banyak pelajar menjadi korban penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Fakta ini menimbulkan keresahan dan keprihatinan pada masyarakat.

Bagi dunia pendidikan di Indonesia, tentu saja persoalan ini harus menjadi atensi yang serius. Jika tidak ditangani dengan sungguh-sungguh maka hal itu dikhawatirkan menghancurkan dunia pendidikan. Oleh karena itulah, peran serta para guru dan juga orang tua pelajar harus lebih maksimal yaitu dengan menjadi penggiat anti narkoba.


Demikian disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara, BrigJen Pol Toga H Panjaitan dalam acara Seminar Nasional Pelajar Anti Narkoba di Nanyang School Jalan Abdullah Lubis Medan, Kamis (21/10/2021). "Karena Ancaman narkoba telah menyasar ke kalangan pelajar, maka diperlukan kerjasama antara pelajar, guru, orang tua murid dan juga BNN untuk bisa mencegah ancaman tersebut," ujarnya.


Toga juga menyebutkan bahwa pelajar harus mampu mengembangkan dirinya sekaligus mampu melewati segala bentuk tantangan dalam proses menuju masa depannya. Menurutnya butuh sinergi untuk mewujudkannya dimulai dari kebijakan pimpinan sekolah, bentuk struktur satgas yang ikut bertanggung jawab, dan membangun budaya secara perlahan-lahan.


“Maka untuk bisa mengentaskan bahaya atau ancaman narkoba di dunia pendidikan diperlukan komitmen Guru, Orang tua dan pelajar serta BNN,” ungkap Toga.


Komite Tetap KADIN Medan Bidang Organisasi, Kelembangaan dan Pemberdayaan Sahala Siregar yang menambahkan bahwa untuk bisa menjadikan lingkungan yang terbebas dari narkotika. Semuanya,kata dia, berawal dari diri sendiri untuk bisa berprilaku hidup sehat, jujur serta memiliki kepedulian terhadap ancaman bahaya narkotika. Melalui sumberdaya yang telah dibina dengan bekal khusus, maka tidaklah mungkin bahaya narkotika terhadap dunia pendidikan akan mampu dientaskan.


“Asahlah kreatifitas secara alami. Orang bisa karena biasa,” ungkap Sahala.


Acara ini dihadiri oleh Ketua KADIN Medan Arman Chandra, Kepala sekolah Nanyang School Lindawaty Roesli, Humas Nanyang School Fendi Lim, Ketua MBI Hasustan Kosim, Banthe Dhirapunno, Wakil Ketua KADIN Medan bidang Organisasi, Kelembangaan dan Pemberdayaan M. Iqbal Sinaga dan Para Guru Nanyang School berserta murid.


(MO/SAHALA)

Share:
Komentar

Berita Terkini