Persiapkan Diri Menghadapi Gelombang Panas Yang Melanda Negara Kita

Editor: MARITIMONLINE.COM

MARITIMONLINE.COM-Indonesia, Malaysia dan beberapa negara lain. saat ini sedang mengalami gelombang panas. Hal ini terjadi karena adanya perubahan suhu yang terjadi, mungkin akibat pemanasan global atau sebab lainnya. Untuk itu kita harus mempersiapkan diri kita menghadapi dan bisa melalui gelombang panas itu.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya :


1.Di siang hari, bisa mencapai 40C,

Pada 40 derajat, jangan langsung minum air es. Pembuluh darah mikro bisa meledak. 


2.Suhu di beberapa tempat telah mncapai 38C atau lebih. Dalam kondisi ini, jaga suhu tubuh agar lebih tinggi. Bahaya ini tak hanya dari minum air es/dingin. Bahaya ini dapat terjadi bahkan sekedar mencuci tangan, muka, kaki. Jangan langsung menyiram, menyeka bagian tubuh yg panas terkena sengatan terik dengan air dingin. Biar selama 30 Menit untuk membuat tubuh menjadi dingin sesuai suhu dalam ruangan. Serta minumlah air hangat suam, 34-36 Celcius.


3.Hindari meneguk langsung minuman. Minumlah sedikit demi sedikit dengan perlahan.


Yang perlu di Ingat, terutama di hari yang panas, hindari air dingin karena akan menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang cepat.


Akhir-akhir ini cuaca panas di atas normal walau mungkin kita rasa nyaman bila minum minuman yang dingin, namun itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita.


Tips ini perlu diberitahukan kepada anak-anak kita, agar kita dan keluarga dapat melalui gelombang panas ini dengan tetap sehat dan terjaga. Hindari aktifitas diluar rumah kalau tidak ada keperluan yang penting.


(MO/RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini