Jaga Keanekaragaman Hayati, Bupati Tapsel Lepas Puluhan Ribu Benih Ikan Ke Danau Siais

Editor: Jeck


MARITIMONLINE.COM-
Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, SPt, MM melepas puluhan ribu benih ikan ke perairan Danau Siais, Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapsel, Sabtu (11/12). 

Puluhan ribu benih ikan tersebut langsung dilepas Bupati Dolly Pasaribu ke Danau terbesar nomor dua di Sumatera Utara setelah Danau Toba, yang disaksikan langsung oleh puluhan masyarakat setempat dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tapsel. 

Dolly menjelaskan, aksi pelepasan puluhan ribu benih ikan itu bertujuan untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada di perairan Danau Siais. " Pelepasan ini juga untuk melestarikan ikan di Danau Siais, karena di tempat ini juga ada penambakan ikan sehingga diharapkan tercipta siklus dari hewan yang ada di Danau Siais,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, Pemkab Tapsel sudah melakukan berbagai upaya guna pengembangan Danau Siais, termasuk mengusulkan berbagai program ke kementerian. “ Pelan-pelan, Pemkab Tapsel akan memoles Danau Siais untuk menarik wisatawan,” ujarnya.

Sementara Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tapsel, Sofyan Adil mengatakan, adapun jenis ikan yang dilepas ke perairan Danau Siais yakni, Ikan Tawes 10.000 ekor, Ikan Gurami 6.000 ekor, dan ikan nila 10.000 ekor dengan ukuran 3-5 centi meter, ujarnya.

Menurut Sofyan, program tersebut sebagai bentuk kepedulian Bupati Tapsel dalam menjaga keanekaragaman hayati dan juga untuk menambah stok ikan di danau tersebut. Dengan begitu, masyarakat nelayan bisa mendapat ikan lebih banyak sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

Pelepasan benih ikan tersebut dihadiri sejumlah pejabat seperti, Asisten Ekbang, Moh Said, Kadis Pendidikan, Amros Karangmatua, Kadis PUPR, Chairul Rizal Lubis, Kadis Lingkungan Hidup, Sahrir Siregar, Kabag Humas dan Protokol, Isnut Siregar, Direktur RSUD Kabupaten Tapsel, drg. Firdaus Batubara dan Camat Angkola Sangkunur, Muhammad Tohir Pasaribu. 

(MO/SAPAWI)

Share:
Komentar

Berita Terkini