Pasar Kapuas Belawan Dihebohkan Serbuan Vaksinasi Lantamal I

Editor: Jeck


MARITIMONLINE.COM-
TNI Angkatan Laut tak kenal lelah dan menyerah, terus menerus secara gencar dan masif melaksanakan Serbuan Vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat di Belawan. Seperti suasana pagi ini dimana pasar Kapuas Belawan yang ramai dengan aktivitas jual beli mendadak heboh dengan kedatangan tim tenaga kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I dengan mobil ambulance yang mengajak pedagang untuk mendapatkan vaksinasi, Selasa (14/12).

Kegiatan vaksinasi di Pasar Kapuas ini dilaksanakan karena adanya permintaan masyarakat Belawan terutama para pedagang yang tidak punya banyak waktu meninggalkan transaksi jual belinya dan belum mendapatkan vaksin 1 dan 2. Sehingga, Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono memerintahkan jajaran untuk menindak lanjuti laporan tersebut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama pedagang pasar dan masyarakat sekitar untuk memberikan vaksin sehingga dapat mencapai target program pemerintah vaksinasi covid-19 sebanyak 70 persen  sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus covid-19. 


Lebih lanjut Komandan Lantamal I mengapresiasi para pedagang pasar yang terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan vaksinasi tersebut. Harapannya kegiatan vaksinasi untuk para pedagang ini mampu menambah imunitas pedagang menghadapi covid-19 serta tidak perlu ragu untuk mendapatkan suntikan vaksin, Semakin tinggi antusiasme masyarakat, maka semakit cepat pula tercapai (Herd Immunity) atau kekebalan komunal.

Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan vaksinasi di pasar Kapuas Belawan, Kepala Rumah Sakit TNI AL Lantamal (Karumkital) I Belawan, dr Komang Makes Letkol Laut (K) dr. Rudyhard Edgar Hutagalung Sp.KJ yang memimpin langsung pelaksanaan serbuan vaksinasi tersebut, menyiapkan tenaga kesehatan sebagai vaksinator sebanyak 2 Tim dari RSAL Komang Makes yang menargetkan memberi vaksin sebanyak 200 pedagang pasar Kapuas Belawan serta masyarakat sekitar. Selain di pasar Belawan, setiap harinya Lantamal I juga terus melaksanakan serbuan vaksinasi maritim bertempat di RSAL Komang Makes sehingga masyarakat yang belum divaksin bisa datang kapan saja ke RSAL untuk melaksanakan vaksinasi.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan covid-19 di mana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau untuk tetap tinggal di tempat untuk menjalani observasi selama 30 menit. Ini dimaksudkan guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. 

(Mo/Dispen Lantamal I)

Share:
Komentar

Berita Terkini