SLCN BMKG Maritim Belawan Hadir untuk masyarakat Nelayan Kabupaten Asahan

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-ASAHAN - BMKG Maritim Belawan Medan terus bersemangat memberikan layanan edukasi ke Masyarakat Nelayan dengan melaksanakan  kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN) 2022 yang mengambil tema "Dengan SLCN Nelayan Hebat, Selamat dan Sejahtera".  

Acara kali ini  dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan kabupaten Asahan Proprinsi Sumatera Utara , pada Rabu 31  Agustus 2022. 

Pada Kegiatan ini juga dihadiri oleh Anggota Komisi V DPR RI Bpk. Bob Andika Mamana Sitepu sebagai mitra kerja BMKG , Deputi bidang Meteorologi Bpk Guswanto yang diwakili oleh Kabal I Bpk. Hendro Nugroho, Bupati Kabupaten asahan yang diwakili oleh Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, para Forkompimda dan Stakeholder, serta para KUPT BMKG Wil Medan.

Kegiatan SLCN  ini menjadi sangat penting karena memberikan edukasi kepada nelayan supaya paham cuaca, dan dapat mengatur jadwal melaut mereka supaya terhindar dari gelombang tinggi dan juga menentukan zona mana yang banyak ikannya.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Belawan Medan, Sugiyono  mengatakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan ini memperkuat peran kelompok Nelayan, Penyuluh dan Instansi terkait dalam menyebarkan Informasi Cuaca Meteorologi Maritim kepada Nelayan. Kami BMKG hadir ke masyarakat Nelayan sebagai wakil pemerintah untuk berperan secara langsung turun bersama Nelayan. 

Melalui SLCN ini kami dari BMKG berharap agar informasi Meteorologi Maritim dapat dipahami oleh pengguna khususnya Nelayan dan stakeholder kami sehingga masyarakat bisa selamat dan sejahtera 

Bob Andika Mamana Sitepu Anggota Komisi V DPR RI dalam sambutannya menyampaikan Sebagai anggota Komisi V beliau terus berupaya meningkatkan seluruh upaya agar kegiatan ini menjadi skala prioritas bagi para Nelayan yang berlokasi di dapilnya, masyarakat Nelayan dapat paham cuaca sehingga Nelayan akan aman dari bencana, dan melalui komisi V DPR RI sangat mendukung  kegiatan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan yang dilaksanakan BMKG. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG yang disampaikan oleh Hendro Nugroho   pada acara tersebut menyatakan : kami meyakini bahwa dengan memahami informasi cuaca secara tepat maka nelayan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam strategi melaut demi meningkatkan keselamatan, hasil tangkapan meningkat sehingga terwujud nelayan yang sejahtera.

Untuk saat ini dan masa mendatang, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi media pertukaran pengetahuan, pertukaran informasi, diskusi dan ajang berbagi pengalaman dari para narasumber, penyuluh perikanan, dan stakeholder dalam hal teori dan praktek penerapan informasi cuaca maritim untuk melaut/berlayar.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya yang disampaikan oleh Assisten II Bidang Ekonomi dan pembangunan  Drs. Muhili Lubis, MM merasa bangga karena telah dipilihnya Kabupaten Asahan untuk kegiatan SLCN BMKG Maritim Belawan Medan dan menyampaikan rasa terimakasih kepada BMKG atas terlaksananya kegiatan ini, pelatihan ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi Nelayan di Kabupaten Asahan, " Dalam Pelatihan ini supaya banyak diadakan dialog atau diskusi karena nelayan disini sudah punya kearifan lokal membaca cuaca secara tradisional , pelatihan ini tepat diadakan di masa Nelayan yang sudah bersiap untuk melaut sampai wilayah yang jauh, dan mendapat bekal ilmu Cuaca dari BMKG." 

Bupati Asahan berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun di Kabupaten Asahan. Sekali lagi Pemerintah Daerah Kabupaten Asahan sangat berterimakasih atas adanya kegiatan ini serta siap mendukung untuk kegiatan selanjutnya.

Share:
Komentar

Berita Terkini