HNSI Medan Bersama Dirpolairud Sumut Laksanakan Bersih Pantai

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-MEDAN- Jajaran Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan dan personil Dirpolairud Polda Sumut gelar bergotong royong bersih pantai sekitar pantai Olo, Belawan, Sabtu (8/6/2024).

Sampah yang dikutip umumnya berjenis plastik dan selanjutnya dikumpulkan serta dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Dirpolairud Polda Sumut Kombes (Pol) Rudi Rifani didampingi Kabagbinopsnal AKBP Jenda Sitepu, Kasie Binmas Air Kompol MT Pasaribu, Kasubdit Patroli AKBP Imam Sadar, mengatakan, gotong royong bersih laut dan pantai ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dalam rangka memperingati hari laut sedunia atau Ocean Day 2024.

" Kita menggandeng HNSI bergotong royong dengan harapan mereka mampu menyampaikan pesan baik dari hari laut kepada nelayan," katanya.

Selain itu, masih kata Rudi, pihaknya mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan pantai dengan cara jangan membuang sampah sembarang.

Di tempat yang sama, Ketua HNSI Kota Medan Abdul Rahman alias Atan mengatakan, sampah yang terkumpul umumnya berupa plastik kantong yang kemungkinan besar berasal dari masyarakat yang buang sampah sembarang.


Ditambahkan, laut merupakan tempat tinggal dan berkembang ikan yang merupakan sumber protein dan gigi yang dibutuhkan manusia.

"Jika laut rusak maka kita semua kena imbasnya. Untuk itu kita harus bertanggung jawab untuk menjaga laut dan pantai agar tetap bersih serta bisi menjadi tempat ikan berkembang biak," katanya.

Puluhan anggota DPC HNSI Kota Medan dan rukun nelayan serta personil Dirpolairud Polda Sumut hadir dalam kegiatan gotong royong itu. 

Kegiatan gotong royong pantai ini merupakan yang kesekian kalinya dilaksanakan HNSI bersama sejumlah instansi terkait diantaranya TNI AL dan lain-lain


(Dian)


Share:
Komentar

Berita Terkini