Berpakaian Adat Memeriahkan Peringatan Hari Sumpah Pemuda Di SMU Negeri 16 Medan

Editor: MARITIMONLINE.COM

MARITIMONLINE.COM-Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 di SMU Negeri 16 Medan, Jalan. Kapten Rahmad Buddin, Terjun, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara. Kamis (28/20/21). 

Kegiatan berlangsung sangat meriah. Menariknya, para siswa, guru, dan Kepala sekolah menggunakan pakaian adat Sumatera Utara, mulai dari Melayu dan Batak (Batak Toba, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Simalungun, Batak Pakpak, dan Batak Angkola).

 

Hj. Fauziah S.Pd, M.Si mengatakan, Tema yang diusung pada momentum Hari Sumpah Pemuda adalah "Bersatu, Bangkit dan Tangguh.” Tema ini diambil atas dasar pentingnya komitmen yang dibangun pemuda melalui semangat Sumpah Pemuda pada Tahun 1928 dengan harapan terwujudnya cita-cita bangsa. 


" Tujuan diadakan kegiatan ini  adalah dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda dan pencatatan rekor MURI bagi Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara untuk kategori Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) oleh peserta didik terbanyak dan uji kompetensi oleh peserta didik berbusana adat terbanyak," kata Fauziah. 


Dalam acara itu Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Medan, Hj. Fauziah Hasibuan S.Pd, M.Si tampil anggun dengan pakaian adat Batak Mandailing. Baju dan hiasan bulang di kening yang dikenakan membuatnya semakin menawan. 


" Saya sangat senang karena semua pihak sangat antuasias mengikuti kegiatan hingga selesai, itu membuktikan semangat dan cinta adat istiadat dan kebudayaan Sumatera Utara. Sumpah pemuda dimaknai untuk menjaga persatuan dan kesatuan dalam berbudaya, menanamkan rasa cinta tanah air dan diharapkan menjadi spirit dan motivasi peserta didik," tutupnya.


(MO/DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini