FABB Apresiasi Keseriusan Kapolres Mengatasi Maraknya Tawuran di Belawan

Editor: MARITIMONLINE.COM

MARITIMONLINE.COM-Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) memberikan apresiasi kepada Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmad Husein Simatupang S.I.K.SH, MH.yang gencar melakukan roadshow ke beberapa titik potensial konflik sebagai langkah Preemtif (Pembinaan) dan Preventif (Pencegahan) dalam menangani meningkatnya aksi tawuran antar remaja di Belawan. Hal ini disampaikan dalam acara ngobrol pintar (Ngopi), Sabtu (02/10/2021).

Ketua Umum FABB. R. Khairil Chaniago menyatakan bahwa apa yang dilakukan oleh Bapak Kapolres Belawan yang baru menjabat, adalah sebuah langkah yang cermat sebagai upaya meminimalisir konflik berbasis pendekatan humanis melalui pola komunikasi interaksional dengan para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para remaja yang terlibat tawuran dan unsur pemerintah. 

" Hal ini merupakan gebrakan yang sangat baik dan mencerminkan semangat pelaksanaan dari konsep makalah kapolri tentang “ Transformasi Polri yang Presisi”  yang penyusunananya di pimpin oleh Bapak Irjen Wahyu Widada, semoga dapat dilakukan secara berkelanjutan demi mengurangi kesempatan para remaja melakukan tawuran," kata Khairil

Khairil menambahkan adapun tindakan preventif yang sebelumnya kerap dilakukan pihak kepolisian melalui penempatan petugas di beberapa titik tawuran dengan posko kamtibmas, tetap masih dibutuhkan sebagai antisipasi jika sewaktu waktu muncul provokasi dari pihak tertent

" Karena langkah – langkah pencegahan yang bersifat persuasive juga membutuhkan strategi dan waktu yang tidak sebentar. sedangkan tindakan refresif yang terukur juga masih diperlukan untuk mengontrol suasana agar eskalasi tawuran tidak semakin meluas, pre-emptif, preventif dan refresif adalah sebuah kesatuan tindakan untuk mengatasi tawuran," ujar Khairil.

"Kasus tawuran adalah bentuk lain dari kenakalan remaja yang memiliki tingkah laku Asosial dan Amoral, banyak faktor penyebab yang mempengaruhi, kiranya melalui roadshow yang dilakukan, bapak kapolres dapat menggali informasi yang lebih akurat dari masyarakat terhadap akar masalah, sehingga dapat merumuskan model penyelesaian konflik yang ada agar kasus kekerasan dan tawuran dikalangan remaja tidak bertambah meluas," terangnya

" Kami memahami bahwa dinamika berkembangnya sebuah peradaban dan pola kejahatan membuat tugas kepolisian semakin berat dan kompleks, namun polisi merupakan manifestasi dari Negara hukum dan secara universal polisi disamping sebagai penegak hukum juga memiliki tugas dan kewajiban untuk menciptakan kehidupan masyarakat yang tentram melalui keamanan dan ketertiban," ujar tokoh muda Belawan ini.

" Namun dalam hal ini kepolisian tidak bekerja sendirian, keterlibatan partisipasi dari unsur masyarakat juga diperlukan, seperti peran tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan elemen lainnya. Apa yang dilakukan oleh Bapak Kapolres dalam menjalankan komitmen nya untuk menciptakan kondusifitas di Belawan dan sekitarnya," ucapnya.

"Mekanismenya sudah tepat dan kami dari Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) baik dari seluruh anggota, Badan Pengurus Harian, Ketua Dewan Penasehat ; Jaya Saputra dan Ketua Dewan Pembina ; H.Irfan Hamidi menyatakan akan mendukung penuh langkah yang telah dan yang akan dilakukan Bapak Kapolres untuk memulihkan kondusifitas di Kota Belawan, sebab hal ini juga ada dalam 3 (tiga) pilar manifesto “Program Perjuangan” organisasi kami yaitu (1), Mengentaskan banjir Rob di Belawan, (2), Portcity Structuring Concept dan (3) Memperkuat Kamtibmas di Kota Belawan. tegas R. Khairil Chaniago," tutup Khairil.

(RED)



Share:
Komentar

Berita Terkini