Zulfahri : APMM Pulangkan 3 Nelayan Langkat, 2 Masih Tertahan

Editor: RI4DI

Ket Foto : Detik-detik penyambutan ketiga nelayan Kab.Langkat di Bandara KNIA (Istimewa)

MARITIMONLINE.COM-Lima nelayan asal Kab.Langkat, Sumatera Utara, yang ditangkap pihak Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM) di Selat Malaka beberapa waktu yang lalu. Kini sudah bisa berkumpul dengan keluarganya. Dari 5 (lima) nelayan yang ditahan pihak APMM, 3 (tiga) orang di pulangkan ke Indonesia, Ketiga nelayan tersebut bernama Fajar Bahari, Maulana dan Fadli bin Amin.

Sementara itu pihak APMM masih menahan dua nelayan yang masih menjalani karantina, atas nama Jefri bin Hasan dan Misnan bin Daud.

Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE didampingi pengurus DPC HNSI Kab.Langkat dan DPC HNSI Kab.Deliserdang saat diwawancarai Maritimonline.com di Bandara Kuala Namo Internasional Airport (KNIA) ketika sedang menunggu ketiga nelayan dari Malaysia mengatakan, ketiga nelayan tersebut tiba di Bandara Kuala Namo pada hari ini, Deli Serdang, Selasa (05/10/2021) sore.

Dijelaskannya, Setibanya di Bandara Kualanamo, nelayan-nelayan tersebut diterima oleh Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Belawan dan kemudian diserah terimakan secara resmi kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Langkat untuk diserahkan kepada keluarga masing-masing.

Fasilitasi pemulangan nelayan ini, kata dia, merupakan wujud nyata bantuan DPD HNSI Sumut bekerjasama dengan pemerintah kepada nelayan-nelayan Indonesia yang tertangkap di luar negeri karena melanggar batas perairan saat melakukan penangkapan ikan.

Ditempat yang sama, Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE beserta pengurus menerima laporan dari keluarga 10 nelayan asal Dusun IV, Desa Paluh Sibaji, Kec. Pantai Labu, Kab. Deliserdang yang ditangkap pihak APMM pada tanggal 3 Oktober 2021.

Nurhapni (26) kakak kandung dari Agus Salim dan Rizki Alamsyah yang menjadi korban penangkapan APMM berharap kepada HNSI agar dapat membantu pemulangan nelayan asal Pantai Labu tersebut.

" Tolonglah Pak keluarga saya, hanya kepada HNSI dan pemerintahlah kami bermohon dan berharap kepulangan keluarga kami pak," ratap Nurhapni mewakili seluruh keluarga nelayan yang ditangkap patroli APMM.

Selain Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE didampingi Muhammad Sa'ari dari DPC HNSI Kab. Deliserdang, Zulkarnain Nasution Ketua DPC HNSI Kab. Langkat dan Togu Aritonang Wakil Sekretaris HNSI Sumut, Turut hadir dalam penyambutan ketiga nelayan antara lain, Kepala PSDKP Belawan, Andri Fahrulsyah, Staf Dinas perikananan Provinsi Sumut, Nusrizal, Kasi Pengawasan Budidaya Ikan P2HP, Erfin Murianto dan Zalinur perwakilan dari Dinas dan Kelautan Kab.Langkat.

(RIADI)

Share:
Komentar

Berita Terkini