Kapolda Sumut: Kasus Covid-19 Turun, Masyarakat Jangan Abai Dengan Prokes

Editor: RI4DI


MARITIMONLONE.COM-
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melaksanakan kunjungan kerja di Kota Medan, Rabu (3/11). Di mana, dalam kunjungan kerjanya, Kapolri dan Panglima meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Lapangan Benteng, Jalan Kejaksaan, Kota Medan.

Dalam kunjungan kerja Kapolri dan Panglima TNI tersebut, kedua jenderal itu didampingi langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Pangdam I/BB Mayjen TNI Hasanuddin, serta pejabat lainnya.

Diketahui, vaksinasi massal itu menargetkan sebanyak 47.200 orang yang digelar selama 2 hari di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumatera Utara.

Sementara, berdasarkan data Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Sumut sampai saat ini capaian dosis I sebesar 5.409.845 (47,37 persen) dan dosis II 3.349.898 (29,33 persen). Namun, masih ada 16 Kabupaten/Kota yang capaiannya masih di bawah 40 persen antara lain Kota Tanjungbalai, Padangsidimpuan, Kabupaten Labuhanbatu, Tapanuli Tengah, Padanglawas Utara, Deli Serdang, Asahan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Padanglawas, Langkat, Nias Selatan, Labuhanbatu Selatan, Nias Barat, dan Nias Utara.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol RZ Panca Putra mengatakan bahwa meskipun kasus Covid-19 di Sumatera Utara terus mengalami penurunan. Namun, masyarakat tidak boleh lengah. 

"Walaupun kasus Covid-19 terus mengalami penurunan tetapi kita tidak boleh lengah, prokes harus tetap dijalankan," katanya Kapolda. 

Kapolda juga mengimbau kepada masyarakat agar terus menerapkan protokol kesehatan. 

"Jangan abai dengan penurunan Covid-19, kita harus terus waspada dan tetap menerapkan 5 M, Operasi Yustisi akan terus kita gelar bersama TNI Polri dan satgas terkait." imbau Panca. 

Sebelumnya, Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, mengatakan kedatangannya bersama Panglima TNI ke Sumatera Utara untuk mengejar capaian vaksinasi Covid-19.

"Diharapkan diakhir November nanti capaian vaksinasi sudah 50 persen dan diakhir Desember sudah 70 persen. Diharapkan dengan capaian vaksinasi masyarakat sudah memiliki kekebalan tubuh menghadapi Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

Sementara itu, Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan Pemprov Sumut untuk mewaspadai daerah-daerah yang saat ini mengalami peningkatan kasus Covid-19. Secara nasional ada 131 Kabupaten/Kota yang mengalami peningkatan kasus walau tidak signifikan antara lain Medan, Deliserdang dan Nias Selatan. Menurutnya, kenaikan sekecil apapun perlu diwaspadai untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19.

"Waspadai kenaikan sekecil apapun, lihat mengapa terjadi dan segera atasi. Kita tidak ingin kejadian beberapa bulan lalu terjadi lagi apalagi sampai ke gelombang ketiga karena sangat menyulitkan mengatasinya. Perkuat tracing agar kita mendapatkan data akurat perkembangan kasus di daerah kita," tegas Panglima.

(MO/RIADI)

Share:
Komentar

Berita Terkini