Pasang Rob Meluas Sampai ke Hamparan Perak

Editor: MARITIMONLINE.COM

MARITIMONLINE.COM-Pasang rob tidak hanya merendam Belawan dan sekitarnya, Serangan banjir rob kali ini sudah meluas sampai ke wilayah Hamparan Perak. Seperti amatan maritimonline.com di Dusun 1 Pauh Hamparan Perak, Sabtu (06/11/21) Pagi.

Masyarakat Dusun 1 Pauh terkejut kalau rumah dan jalan-jalan mereka pagi ini dibanjiri dengan pasang rob. Banyak perabotan yang terendam air.



Purwantono (63) warga Dusun 1 Pauh Hamparan Perak mengatakan, Sejak 41 Tahun tinggal disini tidak pernah air pasang naik kepemukiman dan jalanan. Baru beberapa Tahun ini saja tempat tinggal kami ini kena banjir rob. Banjir yang masuk kepemukiman dan jalanan pun baru Tahun ini saja. Biasanya air pasang hanya memenuhi parit dan tidak sampai naik ke pemukiman dan jalan-jalan.


Dian (44) warga Lingkungan 14 Kel. Terjun Kec. Medan Marelan, yang bersebelahan dengan Dusun 1 Pauh juga menambahkan, sejak Puluhan Tahun tinggal disini tidak pernah pasang rob membanjiri rumah warga.


" Hal ini diduga sejak Pelindo melakukan reklamasi, sehingga wilayah resapan air pasang semakin berkurang. Dampaknya air pasang naik kedaratan dan pemukiman warga," ucap Dian.



" Diperparah lagi dengan adanya penimbunan pasir laut yang katanya titipan Pelindo di Dusun 1 Pauh Hamparan Perak. Puluhan hektar tanah rawa-rawa milik Ahok yang sekarang jadi gunung pasir laut yang dibawa dari Belawan. Padahal lokasi itu dulunya sebagai tempat resapan air pasang dan hujan," kesalnya.   


" Timbunan pasir laut yang menggunung di Dusun 1 Pauh Hamparan Perak ini juga patut dipertanyakan dan menjadi ancaman bagi masyarakat sekitar yang akan menyebabkan banjir kepemukiman," tutup Dian.


(MO/RED)




 

Share:
Komentar

Berita Terkini