Kelompok Tani Kerang Dara, Maju Bersama Panen 3 ampai 4 Ton Kerang Dara Setiap Harinya

Editor: Jeck


MARITIMONLINE.COM-
Kelompok Tani Tambak Maju Bersama adalah Kelompok Tani Pembudidaya Tambak Kerang Dara yang beralamat di Gang Antara, Lingk.4, Kel. Labuhan Deli, Kec. Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara ini sedang menikmati panen raya Kerang Dara. 

Pusat kegiatan yang berada di Utaranya Medan tersebut setiap hari menghasilkan kurang lebih 3 sampai 4 Ton sekali panen. Hasil tersebut diperoleh dari hasil budidaya Kerang Dara yang dikelola Kelompok Tani Maju Bersama dengan memanfaatkan lahan tambak yang sudah tidak dipakai lagi oleh pemiliknya dengan cara menyewa dari pemilik lahan.

Untuk panen Kerang Dara saat ini, harga dikisaran 20.000/kg. Tentu harga yang bagus untuk jenis komoditi ini. Medan menjadi pasar potensial untuk pemasaran Kerang Dara. Setiap hari selalu ada kiriman ke Kota Medan dan sekitarnya. 

Selain produk yang melimpah, jaminan keamanan kesehatan untuk mengkonsumsi hasil budidaya Kelompok Tani Tambak Kerang Dara Maju Bersama ini menjadi nilai plus tersendiri. Sampai saat ini dari hasil penelitian yang dilakukan akademisi, tidak ditemukan unsur logam yang berbahaya.


Ketua Kelompok Tani Tambak Kerang Dara Maju Bersama, Faisal Nasution kepada Maritimonline.com mengatakan, Dirinya meminta Pemerintah khususnya Pemko Medan melalui dinas terkait untuk membantu dan memfasilitasi kelompok Tani Tambak Kerang Dara Maju Bersama untuk mengekspor Kerang Dara ke Mancanegara.

“Salah satu usaha yang dapat meningkatkan penghasilan warga berbudidaya kerang ini, tinggal bagaimana dari Pemerintah khususnya Pemko Medan melakukan pembinaan supaya dapat meningkatkan hasil budidaya sehingga mengangkatkan atau meningkatkan kesejahteraan para petani Kerang Dara dan dapat dikirim hasil panennya ke Mancanegara,” ucap Faisal Nasution, Rabu (29/12/2021) siang.

Para petani Kerang Dara, lanjutnya, juga berharap dari pemerintah untuk memberikan bantuan agar para petani tidak terkendala dalam menjalankan usahanya.

" Kami juga berharap agar pemerintah tanggap dalam memberikan bantuan kepada petani-petani binaan kami agar hasil panennya melimpah dan membantu perekonomiannya," tambah pria berdarah Mandailing ini.


Saat di tanya kapan, ide dan lamanya budidaya Kerang Dara dirintisnya, Faisal paparkan kepada Maritimonline dengan logat Medannya menjelaskan, Awalnya dirinya termotivasi dari seorang Polisi yang bertugas di Polairud Polda Sumut yang digelar dilingkungan sebagai Polisi Kerang. Dari keuletan Sang Polisi Kerang inilah Sosok Faisal belajar berbudidaya Kerang Dara bersama Kelompoknya.

" Saya termotivasi dengan sahabat saya, Bang Abdul Kader Nasution yang sekarang bertugas di Polairud Poldasu Bang, Dari beliaulah saya mendapatkan bimbingan dan arahan bagaimana caranya berbudidaya Kerang Dara, Setelah saya kuasai ilmunya, bersama masyarakat sekitaran lingkungan, Saya bentuklah Kelompok Tani Tambak Kerang Dara saya bentuk dan diberinama Maju Bersama. Sudah sekitar 10 Tahun usaha ini saya geluti dan Alhamdulilah sekarang sudah kami tuai hasilnya," pungkasnya.

Dijadwalkan dalam waktu dekat, Walikota Medan, Bobby Afif Nasution akan berkunjung ke lokasi pembudidayaan Kerang Dara Kelompok Tani Maju Bersama.

Senada dikatakan Humas Kelompok Tani Maju Bersama, Ikhwan Ahmad Nasution kepada Maritimonline.com mengatakan, Menjelang Tahun baru, antusias penggemar kuliner Kerang Dara makin tahun makin bertambah, Kerang Dara yang kami hasilkan dari tambak sangatlah bersih dan tidak bau lumpur.

" Pesanan dari lokal sangat luar biasa bang khususnya Kota Medan, kami targetkan setiap harinya panen agar dapat memenuhi pasar hingga memasuki awal tahun 2022. Setiap tahunnya penggemar Kerang Dara makin bertambah peminatnya, Dibutuhkan perhatian pemerintah dengan menyediakan bibit Kerang Dara yang sangat kami butuhkan dan sekarang sudah mulai sangat langka kami dapatkan," jelas Humas Kelompok Tani Maju Bersama.


(MO/RI4DI)

Share:
Komentar

Berita Terkini