Pembina KSJ Yang Juga Menjabat Kapolres Batubara Resmikan Wisata Sawah di Desa Sei Raja

Editor: RI4DI


MARITIMONLINE.COM-
Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH meresmikan Wisata Sawah binaan PT.Indonesia Asahan Aluminium (Persero) dan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) yang berlokasi di Desa Sei Raja, Kec. Madang Deras, Kab. Batubara, Sumatera Utara, Jumat (31/12/2021).

Seperti diketahui, Desa tersebut saat ini masuk dalam nominasi Desa Teladan (Inklusif Nasional) di Indonesia.

Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH, dalam kunjungannya menjelaskan, Wisata Sawah ini sangatlah penting, Disamping kita bisa memanfaatkan lahan yang ada juga bisa menambah perekonomian khususnya buat warga Desa Sei Raja.

" Dimana pemilik sawah nantinya dapat dua kali penghasilan karena sawahnya ditata oleh penyelenggara wisata sawah, Yang mana nanti hasilnya dari para pengunjung yang datang akan dibagikan juga buat pemilik sawah sekaligus panen yang akam menghasilkan. Ini semua untuk kemajuan, Maka kita harus mendukung hal hal yang positif ini," ungkap Pembina KSJ.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Sei Raja,  Wahid Iskandar Barus yang menjadu Ketua penyelenggara Wisata Sawah mengatakan, Semua ini terselenggara atas kerjasama pemerintah Kabupaten Batubara dalam hal ini yang menjadi Pembina adalah Bupati Batubara dan Dinas Pariwisata serta didukung penuh sebagai binaan PT. Inalum juga Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) dibawah binaan Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH.

" Disini kami melakukannya dengan dana Bumdes serta bantuan kerjasama UMKM yang dibina PT.Inalum serta pemberdayaan sosial yang didukung penuh KSJ. Disamping melakukan kegiatan perekonomian UMKM, Kami penyelenggara wisata sawah juga akan memprioritaskan para warga Distabilitas untuk diberikan pembelajaran dalam usaha termasuk UMKM yang dimiliki Desa Sei Raja. Saat ini kami membina 17 warga Distabilitas dan sudah memiliki seorang yang siap tampilkan ke masyarakat. Kami m mengharapkan kepada seluruh masyarakat khususnya Desa Sei Raja agar dapat bergabung sembari membangkitkan perekonomian warga," ucap Kades.

Dalam peresmian wisata sawah, Kepala Desa yang juga merupakan Relawan KSJ melaksanakan Sedekah Jumat kepada 100 anak yatim dan kaum dhuafa dilokasi wisata sawah sebagai bentuk doa restu usaha masyarakat.

Selain Pembina KSJ yang juga Kapolres Batubara, AKBP Ikhwan Lubis SH, MH, Hadir juga dalam peresmian wisata sawah antara lain, Perwakilan PT.Inalum, Kadin Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Batubara.

(MO/RIADI)

Share:
Komentar

Berita Terkini