Aspek Marindo Sosialisasikan Berbudidaya Kerang Dara Yang Baik dan Benar Kepada Masyarakat Pesisir Kab.Sergai

Editor: RI4DI



MARITIMONLINE.COM-Guna memberikan Bimbingan dan Penyuluhan (Binluh) kepada masyarakat nelayan/pesisir di wilayah Kabupaten Serdang Bedagai, Pengurus DPP dan DPD Aspek Marindo melakukan giat blusukan mensosialisasikan cara berbudidaya kerang memanfaatkan lahan yang tidak produktif di sepanjang pantai Kabupaten Serdang Bedagai tepatnya di Desa Bagan Kuala, Kec. Tanjung Beringin, Kab. Serdang Bedagai, Selasa (22/03/2022) sekira pukul 10.00 Wib.

Dalam kegiatan blusukan tersebut, Ketua DPD Sumut Asosiasi Petambak Kerang Maritim Indonesia (Aspek Marindo), Dian Wahyudi memaparkan bagaimana cara berbudidaya kerang yang baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.

" Dengan melakukan budidaya kerang yang baik tentunya tingkat pencemaran di pantai Sergai dapat di minimalisir. Karena kelompok budidaya kerang akan menjaga pantai tidak tercemar yang tentunya dapat mengganggu hasil dari budidaya kerang dara tersebut," ucapnya.

Lebih lanjut, Dirinya juga menyampaikan agar instansi terkait yang ada di Sergai dapat memberikan izin kepada masyarakat pesisir untuk berbudidaya kerang sebagai bentuk ketahanan pangan untuk masyarakat pesisir.

" Kami dari Aspek Marindo meminta kepada instansi terkait yang ada di Sergai agar memberikan lahan yang tidak terpakai di pesisir pantai agar dipergunakan masyarakat untuk berbudidaya kerang guna mendukung program ketahanan pangan untuk masyarakat yang tinggal di pesisir," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Aspek Marindo, Ikhfan Ahmad Nasution didampingi Bendahara DPP Aspek Marindo, Zakaria juga menjelaskan pengalamannya selama 9 tahun berbudidaya kerang dara.

" Saya Ketum Aspek Marindo mengajak masyarakat pesisir agar berbudidaya kerang dara agar nantinya hasil dari berbudidaya kerang dara dapat membantu perekonomian rumah tangga. Itu sudah saya buktikan selama saya berbudidaya kerang dara selama 9 Tahun,"tegasnya.

Demikian juga disampaikan Sekjen Aspek Marindo Sumut, Riadi, memberikan motivasi masyarakat agar membudidayakan kerang dara di sepanjang bibir pantai yang ada di Kab.Sergai.

" Kami hadir di sini untuk mengajak saudaraku sekalian agar bangkit dari ketepurukan ekonomi yang disebabkan dampak dari covid19. Aspek Marindo juga bertanggung jawab dari mulai penyediaan bibit, penyuluhan dan membeli hasil panen," jelasnya.

Sementara Ketua Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI)  Kab.Sergai, Zulham Hasibuan dan masyarakat pesisir menyambut hangat kedatangan Aspek Marindo yang sudi kiranya memberikan penyuluhan tentang berbudidaya kerang yang baik dan benar.

" Saya ketua KNTI Kab.Sergai beserta masyarakat pesisir berterimakasih kepada Aspek Marindo yang jauh-jauh menyempatkan waktunya dan peduli akan kelangsungan nasib para masyarakat pesisir yang rata-rata bergantung pada laut. Dengan hadirnya Aspek Marindo, Insyaallah dapat menjadi motivasi kami untuk kedepannnya agar membantu perekonomian masyarakat dan menjadi tambahan penghasilan," katanya.

Untuk kedepannya, lanjutnya, Akan kami bentuk kelompok petambak kerang yang ada di pesisir Kab.Sergai.

" Kami akan bentuk kelompok petambak kerang binaan Aspek Marindo, Ini sangat berpotensi bagi kelangsungan ekonomi kami," imbuhnya

(MO/RIADI)

Share:
Komentar

Berita Terkini