Rakerda PKP Sumut Berjalan Sukses, Mantapkan DPK Menuju Verifikasi Pemilu 2024

Editor: RI4DI

Ket Gambar : Ketua DPK PKP Kota Medan, Eko Mihardi, SH (Buya Ardi) (kiri), Bendahara PKP Kota Medan, Riadi (tengah), Sekjen DPK PKP Kota Medan, Dian Wahyudi (kanan)

MARITIMONLINE.COM - Partai Keadilan dan Persatuan se-Sumatera Utara (PKP se – Sumut) sukses semarakkan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahap I tahun 2022 di gedung rapat lantai 2 kantor DPP PKP Sumatera Utara, jalan Restu no.186, Helvetia, Kota Medan, Sabtu (19/3/2022).

Acara Rakerda itu mengusung thema “Pemantapan PKP di Dewan Pimpinan Kabupaten Menjelang Verifikasi Faktual Menuju Pemilu 2024 yang dihadiri seluruh Dewan Pimpinan Kabupaten dan anggota DPRD fraksi PKP . 

Sambutan Ketua Panitia Rakerda, Anjas Milan mengatakan partai PKP Era baru, energi baru, tekad dan semangat baru merupakan rangkaian kata yang memiliki arti dan makna untuk diperjualkan demi kebesaran nama PKP.

“Adapun rakerda yang akan sedang kita lakasanakan ini tentang informasi dan edukasi mengenai persiapan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” kata Anjas Milan.

Demi tercapainya kegiatan rakerda, Anjas berharap dapat diikuti dari sesi awal hingga akhir oleh para pengurus partai PKP Sumatera Utara. 

“Kami sebagai panitia berharap rakerda ini berjalan dengan baik, tidak lupa saya ucapkan terimaksih Ketua, dan seluruh peserta panitia DPP PKP Sumut. Saya mengucap terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh pihak teman-teman, rekan-rekan yang berkontribusi dalam mensukseskan jalannya acara ini” tutup Wakil Ketua DPP PKP Sumut ini.

Sementara itu mewakili dari pengurus Dewan Pimpinan Kabupaten PKP, Ketua PKP Kota Medan Eko Mihardi melalui Sekjennya Dian Wahyudi menyampaikan terimakasih terhadap DPP PKP atas fasilitas akan terlaksananya rakerda tersebut.

“Mewakili dari seluruh DPK yang di Sumatera Utara sangat menyambut baik, dan sangat merespon kegiatan rakerda ini, dengan harapan rakerda ini menjadi momentum kita untuk lolos pada verifikasi yang akan datang,” ucap Dian.

Hal senada mewakili anggota DPRD fraksi PKP dari DPK Nias Utara, Dalifati Ziliwu sangat mengapresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya Rakerda yang disemarakkan di DPP PKP Sumatera Utara. 

Ketua PKP Nias Utara ini mengutarakan ada 2 momentum yang perlu digaris bawahi dalam menghadapi lolos verifikasi Pemilu 2024.

“Melalui rakerda saat ini setidak-tidaknya  ada 2 momentum yang bisa kita garis bawahi, yaitu yang pertama adalah bagaimana kesiapan kita dan yang kedua untuk merencanakan apa yang kita buat untuk menghadapi verifikasi ini. Karena sinergisitas antara DPK, DPP, dan DPN kalau itu terbina dengan baik kita yakin dan percaya PKP ini bisa lahir dengan Keputusan KPU,” ucap Dalifati.

Wakil Ketua DPP PKP Sumut ini begitu berharap antara pengurus partai PKP tetap solid, terutama bagi pengurus dan anggota legislatif fraksi PKP dalam urusan internal partai. “Ada kerjasama yang baik antara DPK dan DPRD dan itu jangan saling menunggu,” Dalifati tutur Ziliwu

Menurutnya, dari mulai sekarang DPK melibatkan balon-balon disetiap dapil, karena merekalah nantinya membantu tahap lolos verifikasi KPU. 

“Dengan semangat dan disertai pemilihan figure, dari sisi pengaruh, dan dari sisi finansial, saya yakin dan percaya bahwa verifikasi ini tidak akan sia-sia pasti membawa hasil yang baik,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua DPP PKP Sumatera Utara Ir. Juliski Simorangkir, MM menyampaikan 75 persen persyaratan verifikasi administrasi sudah lolos di Provinsi namun verifikasi faktual belum, dikarena masih banyak DPK yang belum mengisi data ke keanggotaan/kepengurusan DPC ke Sistim Administrasi PKP Terintegrasi (SAKTI).

“Kondisi kita saat ini DPP Sumatera Utara  28 Kab/Kota sudah terbentuk, 75 persen persyaratannya. Sebenarnya sudah lolos dalam verifikasi administasi, tapi belum verfak belum karena banyak DPK yang belum mengisi SAKTI. Bagaimana yakin bisa lolos, kita bisa memiliki SAKTI, program yang di isi kelengkapan seluruh keanggotaan untuk bisa lolos verifikasi,” tegas Juliski.

Ia berharap secepatnya pengurus DPK PKP se Sumatrea Utara segera memenuhi persayaratan dan meng upload simpatisan keanggotaan dan kepengurusan ke aplikasi SAKTI untuk dibawa dalam akhir bulan Maret ini ke Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PKP di Jakarta.

“Akhir april SAKTI sudah tercapai 100 %, bulan mei hingga juni sudah bisa memperbaiki KTA dan KTP,” jelas Ketua DPP PKP Sumut terhadap pengurus DPK PKP yang hadir dalam rakerda .

PKP Sumut juga mengundang antar lembaga baik pihak KPU RI yang dihadiri langsung Ketua KPU D Sumut Herdensi, yang meberi pengarahan teknis tentang syarat lolos verifikasi administrasi dan verfikasi faktual sesuai peraturan Undang-Undang KPU RI.

Selai pihak KPU juga di hadiri tokoh agama, dan Satgas pihak kepolisian dari Polda Sumut dan moderator pembawa wawancara terhadap pengurus PKP di Sumut.

(MO/RI4DI)


Share:
Komentar

Berita Terkini