Penyerahan 2002 Kavling Pemukiman Masyarakat Belawan Sekitar di Launching PT. Deliana Inti Sukses dan FABB

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN-Banjir rob yang kerab melanda masyarakat Belawan sekitarnya, Menjadi masalah yang sangat menyedihkan serta menyusahkan bagi kehidupan sosial masyarakat Belawan sekitarnya. Selain pembenahan wilayah Belawan untuk mengendalikan banjir rob, Relokasi lahan pemukiman untuk masyarakat juga penting sebagai salah satu solusinya. 

Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) menginisiasi adanya pemberian tanah kavlingan bagi masyarakat untuk dapat membangun rumah layak huni sebagai jawaban solusi dari banjir rob yang kerap melanda di kawasan Belawan. Kavlingan ini dimiliki masyarakat hanya dengan ganti rugi Rp.1000,- (Seribu Rupiah) ke PT. Deliana Inti Sukses (DIS).


Demikian disampaikan Khairil Chaniago Ketua Umum FABB dalam acara Kolaborasi Medan Berkah PT. DIS bersama FABB dan tokoh masyarakat launching distribusi 2002 persil kavling tanah ukuran 7 x 16 m bagi masyarakat Belawan sekitarnya dan secara simbolis diberikan surat akte notaris kepemilikan kavlingan pada 14 masyarakat Belawan sekitarnya, Senin, (06/06/2022) di Sekretariat FABB Jln. Asahan Belawan I Kec.Medan Belawan.



Khairil Chaniago lebih lanjut mengatakan, FABB menerima kuasa dari PT. DIS untuk mendistribusikan kavlingan tanah yang diperuntukan bagi masyarakat pesisir Belawan sekitarnya yang belum memiliki rumah.

Arsyad M Pasaribu SH, Ketua DPK KNPI Belawan dalam sambutannya, mendukung adanya kegiatan pemberian kavlingan tanah bagi masyarakat kurang mampu di Belawan sekitarnya guna memiliki lahan rumah yang layak huni.


" Kita apresiasi yang FABB lakukan bekerjasama dengan PT. Deliana Inti Sukses dala. kegiatan launching pendistribusian tanah kavlingan bagi masyarakat Belawan sekitarnya," Ucap Arsyad.



" DPK KNPI Belawan selaku mitra dari organisasi kepemudaan FABB mendukung penuh kegiatan tersebut semoga kedepannya berjalan lancar sebagaimana yang diharapkan dan bermanfaat bagi masyarakat Belawan," Tambahnya.

Roby Kurniawan selaku Sekcam yang mewakili Camat Belawan mengatakan, akan mendukung kegiatan pemberian kavlingan tanah bagi masyarakat asalkan legalitasnya jelas karena Pemerintah ini sifatnya mengayomi masyarakat,” Jelas Roby.


Aswin Tampubolon SH.MHum selaku Komisaris Utama PT. DIS menjelaskan, Kegiatan pemberian kavlingan tanah pemukiman bagi masyarakat Belawan sekitarnya yang bekerjasama dengan FABB, Sebagai bentuk CSR bagi 2002 masyarakat Belawan sekitarnya.


" Setelah ini kita arahkan masyarakat bekerjasama dengan tim pengacara untuk meningkatkan hak kepemilikan tanah tersebut hingga bersertifikat," Ungkapnya.



" Kita sudah rancang seluas 50 hektar kawasan di Sicanang terebut sebagai lahan pemukiman masyarakat menjadi kawasan kota baru dengan kegiatan penimbunan nantinya kita gandengan dari pihak Pelindo 1," Terangnya.

Ditambahkan Aswin Tamlubolon, Akan memulai pelaksanaan kegiatan setelah rampungnya pengerjaan jembatan titi 2 Sicanang.


Bakhtiar Panggabean yang mewakili masyarakat Belawan sekitarnya dalam sambutannya mengatakan, Kami masgarakat sangat berterimakasih sekali pada PT. DIS yang bekerjasama dengan FABB dan telah peduli terhadap masyarakat Belawan Sekitarnya.



" Selama ini masyarakat kerap dilanda banjir rob tanpa ada solusi, baru inilah ada program nyata bagi masyarakat Belawan sekitarnya untuk dapat memiliki tanah kavlingan serta rumah layak huni nantinya," Ungkap Bakhtiar Panggabean yang disambut tepuk tangan meriah dari masyarakat yang hadir.

Acara ini berjalan lancar, Turut berhadir dalam acara tersebut, mewakili dari Pelindo I, Heriansyah, Danpom TNI AD Belawan, Sekcam Belawan Roby Kurniawan, Ketua KNPI Belawan Arsad M Pasaribu SH, Tim kuasa hukum (Law office) Firma PT. DIS, tokoh- tokoh masyarakat serta dihadiri ratusan warga Belawan sekitarnya.


(MO/DIAN)




Share:
Komentar

Berita Terkini