Selamatkan Pesisir dari Abrasi, Yonmarhanlan l Bersama Lantamal l Laksanakan Penanaman Mangrove di Serdang Bedagai

Editor: RI4DI


MARITIMONLINE.COM-
Prajurit Petarung Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) I dipimpin Pasiops Yonmarhanlan I Mayor Marinir Santri Mada Seba Sitepu bersama Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan konsisten dalam memelihara alam, dengan menjaga pantai dari abrasi, yakni melalui penanaman bibit mangrove, hal tersebut terlihat ketika Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo memimpin langsung kegiatan penanaman mangrove di wilayah pesisir, Bagan Kuala Kec.Tanjung Beringin Kab.  Serdang Bedagai, Kamis (8/6/22). 

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini selaras dengan instruksi dan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yakni “Menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI Angkatan Laut dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar”. 

Turut mendampingi Danlantamal I saat melakukan penanaman Mangrove Wakil Bupati Serdang Bedagai, Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman dan Pejabat Utama Lantamal I. Kadis/Kasatker Lantamal I, Dandim 0204/DS diwakili, Kapolres Sergai diwakili, Pasiops Yonmarhanlan I, Camat Tanjung Beringin, Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Serdang Bedagai, Kadis Pariwisata, Kadis Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Ketua FABB Belawan. 

Disela-sela penanaman Manggrove, Komandan Lantamal I menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menimbulkan kesadaraan akan pentingnya pelestarian hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah. Disamping itu kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi penyelamatan lingkungan pesisir, mencegah Abrasi dan tentunya akan meningkatkan nilai ekononis bagi masyarakat pesisir. 

Selain itu, tujuan dilaksanakannya penanaman pohon mangrove untuk mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Laut. Danlantamal I Belawan juga mengajak masyarakat pesisir bersama untuk ikut menjaga, melindungi serta merawat pesisir laut kita yang merupakan harapan dan masa depan anak cucu kita. 

Kegiatan penanaman bibit mangrove direncanakan sebanyak 15.000 batang dan dilaksanakan secara bertahap, kali ini penanaman sebanyak 5000 batang, dengan jumlah peserta penanaman mangrove sebanyak 310 orang yang terdiri dari siswa dan Siswi serta pengurus pramuka Saka Bahari SMA Hang Tuah dan SMA Panca Budi, pengurus Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara dan pengurus Menwa Universitas Islam Sumatera Utara.

(MO/RI4DI)

Share:
Komentar

Berita Terkini