Prajurit Petarung Yonmarhanlan I Bersama Lantamal 1 Belawan Gelar Peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/2022 M

Editor: RI4DI


MARITIMONLINE.COM-
Prajurit Petarung Yonmarhanlan l Belawan yang dipimpin langsung oleh Danyonmarhanlan l Mayor Marinir Indra Fauzi Umar bersama Lantamal I Belawan menggelar acara peringatan Tahun Baru Islam 1444 H/2022 Masehi Bertindak sebagai penceramah Dr. H. Amhar Nasution, M.A yang sehari hari menjabat sebagai Wakil Ketua MUI Sumatera Utara di Mesjid Al-Abrar Mako Lantamal I Jl. Serma Hanafiah, No. 1 Belawan, Rabu (10/08/2022).

Sebelum Tausiah, didahului pembacaan Ummul Kitab oleh Bapak Mulyadi Pranoto SPdi acara dilanjutkan sambutan Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo yang dibacakan oleh Wadan Lantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman,  menyampaikan bahwa dalam tema memperingati tahun baru Islam tahun ini adalah "Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H/2022 Masehi Sebagai Momentum Memaknai Hidup Dengan Semangat Hijriah". Peringatan Tahun Baru Islam tepatnya jatuh pada tanggal 30 Juli 2022 yang lalu namun karena satu dan lain hal maka peringatan Tahun Baru Hijriyah baru dapat kita laksanakan pada hari ini, mudah-mudahan tidak mengurangi makna yang terkandung dalam peringatan Tahun Baru Islam kali ini.

Danlantamal I dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Lantamal menyampaikan Bahwa dalam agama Islam tidak dikenal merayakan tahun baru, apalagi dengan kegiatan yang diwarnai hura-hura yang bersifat mubazir, namun islam mengajarkan kepada umatnya agar mempunyai kesadaran waktu dan kesadaran sejarah, salah satunya yaitu peristiwa hijrah Rasul dari Mekkah ke Madinah. Salah satu makna penting hijrah adalah adanya proses transformasi dari kegelapan menuju peradaban yang tercerah. tentunya Hijrah ini menuju Hijrah yang lebih baik sebagaimana yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semangat Hijrah ini harus kita aplikasikan juga baik di lingkungan keluarga maupun lingkungan kantor, sehingga tercipta suatu lingkungan keluarga yang harmonis, rukun dan damai sesuai yang kita harapkan bersama.

Tema tersebut diatas sangat tepat, dimana situasi saat ini menuntut kita untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan agar kehidupan pribadi kita, keluarga, masyarakat dan terutama dalam kedinasan kita sebagai prajurit dan PNS TNI AL menjadi lebih baik, tidak boleh ada lagi pelanggaran serta perbuatan yang tidak terpuji dilakukan oleh oknum prajurit dan PNS TNI AL khususnya Lantamal I, hal ini tentunya dapat kita teladani dari para pendahulu kita yang telah lebih dahulu melakukan hijrah/berpindah dari keadaan yang tidak baik menuju jalan kepada kebaikan. "Selanjutnya saya ingin mengajak kepada seluruh prajurit Lantamal I untuk memulai tahun baru islam 1444 Hijriah ini dengan tekad dan semangat muhasabah menuju perbaikan diri dan perbaikan masyarakat", pungkas Wadan dalam membacakan amanat Danlantamal I Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo. 

Materi yang disampaikan penceramah mengatakan bahwa Tahun Baru Islam 1444 Hijriah jatuh pada 1 Muharram, dalam 12 bulan ada 4 bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT yaitu bulan Zulkaidah, bulan Zulhijah, bulan Muharram, bulan Rajab dan salah satu dari empat bulan tersebut adalah bulan Muharram", terangnya.

1 Muharram adalah awal mulanya tahun Hijriyah yang mana pada saat itu Rasulullah mendapat Wahyu dari ALLAH SWT untuk hijrah ke Kota Madinah dan hijrahnya Rasulullah juga dituangkan di dalam Al-Qur'an.

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) l menyampaikan bahwasanya kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu  pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Agkatan Laut yang unggul, profesional dan tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

(MO/RI4DI)

Share:
Komentar

Berita Terkini