Sosialisasi PNBP Pasca Produksi T.A 2022 : Ketua DPD HNSI Sumut Usulkan Bangun TPI di Tanjungbalai

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN-Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian SE mengusulkan pembangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Tanjungbalai Asahan. Hal ini disampaikannya saat mengikuti Sosialisasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) T.A 2022, di Kantor PPSB Jln. Gabion Bagan Deli Medan Kota Belawan, Kamis, (25/08/2022).

Kegiatan dibuka oleh Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Belawan (PPSB) Bapak Asep Saepulloh.

Pada sosialisasi tersebut narasumber mewakili Direktur Pelabuhan Bapak Mahrus, S.St.Pi, M.Si dan Direktur  Perizinan dan Kenelayanan Bapak Nawawi. Narasumber Menyampaikan bahwa mulai Januari 2023, KKP akan menerapkan penerimaan PNBP Pasca Produksi. Izin penangkapan ikan akan diberikan secara gratis, kemudian setelah kapal ikan mendarat akan dipungut PNBP.

Rencana ini mendapat tanggapan dari pelaku usaha maupun nelayan.
Zulfahri Siagian yang merupakan ketua DPD HNSI Sumut menyampaikan, KKP hendaknya menyiapkan sarana terlebih dahulu sebelum menerapkan penerimaan PNBP Pasca Produksi seperti yang diinginkan.

Tokoh nelayan yang akrab disapa bung Fahri menyampaikan bahwa di Sumatera Utara banyak sarana yang masih belum terpenuhi.

"Di Tanjungbalai misalnya, sudah 400 tahun lebih Kota yang punya ikon Kota Kerang tersebut tidak mempunyai tempat pelalangan ikan,"ungkap Fahri

Fahri menambahkan, pungutan PNBP Pasca Produksi harus dilakukan di TPI yang dibangun oleh pemerintah..
Jika di Kota Tanjung Balai tidak ada TPI, terus mau dimana dilakukan pungutan tersebut.

"Saya akan mengusulkan melalui Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara agar di Kota Tanjung Balai segera dibangun TPI,"jelas Fahri.

"Kami menilai pelaksanaan PNBP khususnya untuk di Sumut ada beberapa kendala nantinya. Kendala itu karena masih minimnya pelabuhan perikanan milik pemerintah yang ada di Sumut ini," ucapnya.


"Tentunya kalau PNBP ini diberlakukan awal Januari 2023 ini, Bagaimana di Tanjungbalai bisa menerapkan ini. Sementara TPI tidak ada disana,"tegasnya.


"Untuk itu DPD HNSI Sumut mengusulkan agar dibangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) agar PNBP juga bisa diberlakukan di Tanjungbalai serta dapat memajukan sektor perikanan disana,"tutup Fahri


Turut hadir dalam sosialisasi diantaranya, Faisal Bahar Aritonang Subkor Kesyahbandaran Perikanan Belawan, Zulfahri Siagian Ketua DPD HNSI Sumut, Rustam Effendi Maha Sekretaris DPC HNSI Kota Medan, Ditpolairud Poldasu, Mollen Gultom Ketua AP2GB , Kanit Reskrim Polres Pelabuhan Belawan, Pelaku Usaha Perikanan Belawan dan Tanjung Balai, PSDKP, dan DPD KNTI Kota Medan.


(MO/DIAN)





Share:
Komentar

Berita Terkini