Dit Binmas Polda Sumut Gugah Peningkatan Peran Pam Swakarsa Dalam Harkamtibmas 

Editor: ℛℐᎯⅅℐ


MARITIMONLINE.COM-MEDAN -
Menyadari bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat adalah  sebagai salah satu persyaratan terselenggaranya proses pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional yang ditandai dengan terjaminnya Keamanan ketertiban dan tegaknya hukum serta terbinanya ketentraman.  

Dalam menangkal mencegah dan menanggulangi  bentuk gangguan pelanggaran hukum dan mengganggu keamanan lingkungan, Direktorat Binmas Polda Sumatera Utara yang dipimpin olehKombes Pol Jafar Soddiq telah melaksanakan perlombaan satkamling Merah Putih dalam rangka membentuk dan mengaktifkan kembali sat Kamling Merah Putih. 

Kata "Merah Putih" dan Warna Merah Putih dalam Pos Kamling adalah untuk memasyarakatkan Warna Merah Putih warna Bendera sebagai salah satu lambang kebangsaan. 

Dan diharapkan warna itu tertancap atau terinternalisasi di hati setiap warga khususnya Generasi muda.

Kemudian bahwa merah putih juga diwujudkan di dalam bangunan fisik pos kamling itu sendiri yang dikombin atau dikombinasikan dengan warna-warna yang ada pada wilayah masing-masing atau sesuai kearifan lokal. 

Kasubdit Satpam Ditbinmas  Polda Sumatera Utara AKBP Marudut Hutabarat SH kepada awak media saat dikonfirmasi, pada hari Kamis, (13/10/2022) 

Menyampaikan bahwa tujuan perlombaan ini agar terbentuk dan aktif yang kembali Pos kamling serta bisa mengetahui kesiapan Pos Kamling di wilayah hukum Polda Sumatera Utara.

Seiring Perkembangan tekhnologi banyak pihak yang telah memasang CCTV untuk memonitor tapi disampaikan oleh Kasubdit bahwa CCTV itu hanyalah alat bantu untuk memudahkan pengontrolan situasi oleh petugas Kamling  untuk mencegah, menangkal dan mengamankan sebuah kejadian, baik itu kejadian kriminalitas, bencana alam, kebakaran, perkelahian/tawuran dan sebagainya. 

Apresiasi dan dalam rangka mensosialisasikan pentingnya Satkamling Merah Putih, Pro 3 Fm RRI di kawasan Medan merdeka Barat, lantai 7 Jakarta, dengan pembawa acaranya Fajar Nugroho dan juga hadir Co Produser Yossi, merasa tertarik dengan perlombaan Satkamling Merah Putih dan melaksanakan siaran langsung secara daring pada hari Rabu, 12 Oktober 2022, sekitar pukul 22.00 WIB,  pihak Pro 3 RRI Jakarta melalui daring  menghubungi Mohd. Iskandar Ketua Poskamling di Lingkungan Bukit Mas, Kelurahan Dendang, Kabupaten Langkat yang telah berhasil menyabet Juara I ,

Host Pro 3 Fm RRI juga menyapa Kepala Dusun III Tukirin selaku Kepala Pos Desa Tanjung Asri, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan yang berhasil menyabet Juara II Satkamling Merah Putih. Para Juara memperoleh Piala, Piagam dan uang binaan dari Kapolda Sumatera Utara. 

Dari wawancara melalui daring di Pos Kamling masing-masing diketahui alat perlengkapan berupa alat pemadam api ringan, TV sampai pentungan, Borgol, dan lainnya semuanya hasil swadaya masyarakat.  

Kasat Binmas Polres Tanah Karo Sumatera Utara AKP Budianta sebagai pembina Sat Kamling di Kab Karo dan Kasubdit Satpam Ditbinmas  Polda Sumatera Utara AKBP Marudut Hutabarat SH. Selalu Ketua panitia perlombaan menjadi Narasumber dalam Dialog interaktif tersebut. 

Kasubdit Satpam, AKBP Marudut Hutabarat SH. Diakhir dialog menyampaikan permintaan agar semua elemen Masyarakat di lingkungan masing masing bersama sama dengan Pemerintah Desa berpartisipasi menjaga keamanan dan ketentraman sebagai wujud dari tanggung jawab bela Negara.

(MO/RI4DI)

Share:
Komentar

Berita Terkini