H.Budi Lantik Rukun Nelayan Kelurahan Semula Jadi Pulau Simardan dan Soroti Penyelewengan BBM Bersubsidi

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-TANJUNGBALAI-Setelah pelaksanaan pelantikan DPC HNSI Kota Tanjung Balai beberapa hari yang lalu, Ketua DPC HNSI Kota Tanjung Balai, H.Syafrizal yang biasa dipanggil H.Budi bersama pengurus DPC HNSI Kota Tanjung Balai menghadiri musyawarah Rukun Nelayan Kelurahan Semula Jadi Kecamatan Datuk Bandar Timur, Selasa (25/10/2022).

Dalam musyawarah yang berlangsung dengan penuh semangat, Terpilih sebagai Ketua Rukun Nelayan Semula Jadi Darwin Munthe (Pak Nanang), Sekretaris Suwanto dan Bendahara Guntur Perkasa.

Setelah musyawarah dan dilantik Pak Nanang menyampaikan persoalan yang selama ini dihadapi oleh para nelayan di Kecamatan Pulau Simardan. 


"Kami nelayan tradisional disini sangat sulit mendapatkan BBM Solar bersubsidi. Terpaksa kami membeli dengan agen, Harganya juga lebih mahal. Antara 9500 sampai 9800 per liter,"keluhnya.


"Di Pulau Simardan ini padahal ada SPBN namun minyaknya untuk mengisi boat-boat besar seperti jaring apung dan tangkul tarik dan lainnya. Sementara kami nelayan kecil tidak dapat kalau membeli disitu."jelas Nanang yang diamini seluruh nelayan yang hadir dalam musyawarah Rukun Nelayan Semula Jadi itu.



H.Budi saat dimintai tanggapan atas persoalan dan harapan dari Rukun Nelayan Kelurahan Semula Jadi mengatakan, Berdasarkan UU No 7 Tahun 2016 tentang perlindungan Nelayan, Pembudi daya dan tambak garam. Tentunya dengan kewenangannya Pemerintah Pusat dan Daerah dapat menyediakan dan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) dan SPDN bagi Nelayan agar kebutuhan BBM bersubsidi bagi Nelayan dapat tercukupi.


"Terkait dugaan penyelewengan penyaluran BBM Solar bersubsidi yang dikeluhkan Rukun Nelayan Semula Jadi akan kita tindak lanjuti kepada aparat hukum sesuai dengan Pasal 55 UU No.11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Disebutkan dalam UU tersebut pelaku penyalahgunaan BBM bersubsidi dapat dipenjara paling lama 6 Tahun dan Denda maksimal 60 Milyar,"jelas H.Budi.


Terlihat hadir dari unsur DPC HNSI Kota Tanjung Balai diantaranya : H.Syaftizal (H.Budi) Ketua DPC HNSI Kota Tanjung Balai. Chairul Rasyid, Wakil Ketua, Ahyal Panjaitan, Wakil Sekretaris, Irwan Simangunsong, Wakil Sekretaris, Endang Harianto, Wakil Sekretaris, Safrul, Bidang pengelolaan Wiayahl dan Lingkungan Hidup.


(SYAFRUL)



Share:
Komentar

Berita Terkini