Deby Fauziah S.Sos, MAP: Budidaya Kerang Dara Salah Satu Solusi Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN-Ditengah kondisi ekonomi yang semakin sulit karena kondisi pandemi Covid-19 yang menghantam seluruh dunia. Membuat banyaknya pengangguran dan rendahnya pendapatan masyarakat. Ini menjadi diskusi hangat Deby Fauziah S.Sos, MAP Lurah Sicanang bersama maritimonline.com, Jumat (02/12/22).

Disampaikan Deby, Saat ini perlu suatu langkah untuk menghadapi ketidakpastian pendapatan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kita harus mampu membaca peluang dengan memanfaatkan kondisi disekitar tempat tinggal kita.


"Salah satu yang saat ini telah Saya lakukan ialah dengan berbudidaya kerang dara yang dibina oleh Aspek Marindo. Kebetulan beberapa waktu lalu saya bertemu dengan Ketua Aspek Marindo, Kak Dian Wahyudi yang kebetulan dulu pelatih saya waktu di SLTPN 5 Medan,"ucap Lurah berdarah Aceh-Minang ini.



Dijelaskan Deby, Awalnya saya hanya mencoba dengan dengan membeli 12 kaleng (120 kg) bibit kerang lewat Aspek Marindo. Ternyata setelah bibit kerang yang saya masukkan ketambak yang disewa usianya 3 Bulan, Saya kaget juga kehidupannya cukup padat. Sehingga pertumbuhan besarnya tidak merata. Atas saran Aspek Marindo kerang tersebut saya pindahkan ke kolam lain agar pertumbuhannya merata dan cepat bisa dipanen.


"Disini saya melihat ada prospek yang positif dari berbudidaya kerang dara. Disamping tidak perlu diberi pakan. Tentunya tidak memerlukan biaya besar untuk melakukan budidaya kerang dara ini,"jelas Deby.



"Dibawah binaan Aspek Marindo Saya sebagai Petambak kerang merasa nyaman, Karena Aspek Marindo membantu menyediakan bibit yang bagus dan jaminan pemasaran hasil panen. Sehingga saya tidak perlu pusing lagi menjual hasil panen kerang dara saya nanti,"paparnya.



"Saya himbau masyarakat Sicanang untuk mengikuti apa yang telah saya lakukan dan jalin dengan Aspek Marindo. Bentuklah kelompok-kelompok bagi yang ingin berbudidaya kerang, Saya akan bantu kelengkapan berkas yang dibutuhkan kelompok. Setelah itu kita akan ajukan proposal ke Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Medan untuk memberikan bantuan bagi kelompok yang ada di Kelurahan Sicanang dengan tetap dibawah binaan Aspek Marindo,"harap Lurah asli asal Belawan itu.



(RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini