Dinas Pertanian Labuhan Batu Adakan Pelatihan Tanaman Sayuran Bagi Kelompok Tani

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-LABUHANBATU-Tanaman sayuran sangat berguna bagi manusia untuk sumber vitamin agar selalu sehat dan bertenaga. sayuran banyak dibutuhkan manusia setiap hari agar metabolisme tubuhnya terpenuhi, Sayuran juga dapat menyehatkan tubuh manusia. Di lingkungan kita terdapat banyak jenis tanaman yang dapat kita olah untuk sayuran dan lauk pauk bagi manusia,

Oleh karena pentingnya sayuran bagi manusia, maka Dinas Pertanian Labuhan Batu mengadakan pelatihan bagi kelompok tani, Jumat (02/12/22) di aula BPP Panai Hilir Desa Sei Lumut.


Dalam hal ini Kadis Pertanian Labuhan Natu diwakili Bapak Antonius Silaban memaparkan  beberapa materi yang menjelaskan beberapa tanaman sayuran bagi petani dan kelompok tani.


Disamping menjelaskan sayur mayur dan cara menanamnya, juga disampaikan cara membuat pupuk dan perawatan tanaman dengan menggunakan pupuk dan pestisida organik yang bisa dibuat dari tanaman itu sendiri, sehingga tidak menimbulkan efek negatif bagi manusia.



Beliau juga menyampaikan disamping harga pupuk yang mahal dan menimbulkan efek bagi manusia maka gunakanlah pupuk organik yang tidak berbahaya bagi manusia dan hewan.


Pupuk dan pestisida yang organik bersifat menolak dan menggalakan perkembangan hama, Bukan membunuh hama tersebut sehingga menimbulkan kekebalan bagi hama tanaman tersebut.


Di akhir pemaparannya, Bapak Antonius Silaban mengajak  petani dan masyarakat yang hadir agar menanam minimal 10 poli bag tanaman cabai di setiap rumah masyarakat, itu sesuai dengan anjuran Gubernur Sumatera Utara.


"Kita mempertegas lagi bila di tahun 2024 nanti akan terjadi krisis pangan sedunia tentunya akan berimbas bagi negara kita, oleh karena itu saya mengajak masyarakat menanam di lingkungannya masing-masing seperti tanaman cabai, tomat, mentimun dan sebagainya agar kita dapat mengatasi krisis pangan nantinya,"akhirnya.


Sesi terakhir adalah pemberian  bibit tanaman cabai, tomat, mentimun, bibit kangkung dan bayam bagi kelompok tani dan masyarakat sembari berfoto bersama untuk dokumentasi.



(ZULKIFLI)

Share:
Komentar

Berita Terkini