DPC HNSI Labuhan Batu Fasilitasi Pengurusan Pas Kecil, 51 Berkas Telah Diserahkan

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIM ONLINE.COM-SEI BEROMBANG-Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan kelas III Tanjung Sarang Elang melaksanakan Gerai Nasional dan turut melibatkan DPC HNSI Labuhan Batu, Kegiatan dilaksanakan sejak 26 Oktober 2022 di lapangan pelabuhan Syahbandar Sei Berombang. 

Adapun kegiatan Gerai nasional tersebut di hadiri oleh kepala Kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III Tanjung Sarang Elang Capt. Yovan M Siahan S.SIT, Erwin H Pardede mewakili Camat Panai Hilir, Kasat Polairud Polres Labuhan Batu AKP. P Sitinjak SH, MH, Danpos AL Sei Berombang M Taher, Ketua DPC HNSI Labuhan Batu dan beberapa perwakilan masyarakat nelayan Panai hilir.


Dalam arahannya Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Tanjung Sarang Elang menyatakan bahwa masyarakat nelayan akan dipermudah dalam pengurusan Pas kecil dengan syarat-syarat membuat surat permohonan ke Kantor Syahbandar untuk melakukan pengukuran, Surat Pernyataan Tukang, Surat Hak Milik dari Kepala Desa atau Kelurahan dan Surat kuasa ke pada pemegang Kuasa.


Capt. Yovan menyebutkan kegunaan dari Pas Kecil adalah sebagai perlengkapan dokumen nelayan yang suatu saat akan di akui oleh pemerintah keberadaan kapal motor tersebut serta dapat menyatakan hak milik kapal tersebut,


Capt Yovan juga berharap agar semua nelayan dapat melengkapi dokumen kapalnya di akhir tahun ini juga, kemudahan yang diberikan penerbitan pas kecil dapat di sambung dengan melakukan endorse ulang ke Kantor Syahbandar yang tentunya secara gratis bagi kapal di bawah 5 GT.


Camat Panai hilir yang di wakili oleh Erwin H pardede menyatakan dengan tegas bahwa pemerintahan yang dia pimpin bersifat melayani bukan dilayani. 



"Sebagai Kepala pemerintahan di Kecamatan Panai Hilir beliau siap membantu dan bekerja sama dengan berbagai fihak seperti HNSI sebagai wadah nelayan, kita akan mudahkan nelayan kita dalam kepengurusan dokumen, karena sebagai masyarakat perlu mensosialisasikan hal tersebut agar masyarakat faham kegunaan dokumen yang dia miliki,"sebut Erwin Pardede. 


Dalam pengawasan dan ketertiban di laut kami siap membantu para nelayan menangkap ikan agar terjamin keamanannya dan keberlangsungan kesejahteraan nelayan dari gangguan berbagai pihak yang tak bertanggung jawab, nelayan perlu ada kelengkapan dokumen, Karena saat ada pengawasan mudah di ketahui nelayan dari daerah mana, bila ada kecelakaan di laut Polairud dan TNI AL siap terjun untuk membantu nelayan jika ada kejadian yang tak di inginkan, Kita siap membantu," kata Kasat Polairud Polres Labuhan Batu AKP. P Sitinjak. SH, MH.


Ketua DPC HNSI Labuhan Batu Bapak Parlindungan Saragih dalam sambutannya menyampaikan, HNSI siap menjembatani nelayan ke semua pihak yang berkompeten dalam masalah nelayan,


"Saya sebagai Ketua DPC HNSI mengharapkan para nelayan berharap agar melengkapi dokumen kapalnya sebagai syarat mengurus TDKP (Tanda Daftar Kapal Perikanan) bagi yang di bawah 5 GT, Selanjutnya nanti nelayan akan mendapatkan BBM Solar bersubsidi agar kesejahteraan nelayan dapat terwujud,"harap Parlindungan Saragih.



"Kami para nelayan yang hadir mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPC HNSI lLabuhan Batu Bapak Parlindungan Saragih, yang bekerja keras mensosialisasikan penting nelayan mengurus PAS Kecil serta besusah payah mengumpulkan data Kapal Motor kami untuk didaftarkan ke Syahbandar,"ucap Guntur salah seorang nelayan Sei Berimbang.


Sebanyak 51 TDKP yang telah diserahkan oleh oleh Syahbandar dan DPC HNSI Labuhan Batu kepada nelayan yang ada di Kabupaten Labuhan Batu.


(ZUL/LABAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini