Jelang Nataru, Kapolres Pelabuhan Belawan Dampingi Kasat Pol PP Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Toba 2022 dan Tahun Baru 2023

Editor: R14D1


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN-
Kasat Pol PP Kota Medan, Rakhmat ASP Harahap SSTP, MAP Kamis (22/12/2022) pagi, menjadi Pemimpin Apel Gelar Pasukan Operasi (Ops) Lilin Toba Tahun 2022 di Halaman Mapolres Pelabuhan Belawan.

Dalam sambutan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kasat Pol PP Kota Medan,  Rakhmat ASP Harahap SSTP MAP menyampaikan bahwa Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana.

“ Diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif,” ujarnya mengawali sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan Kapolri bahwa Polri dengan dukungan TNI, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibnas serta Stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin Toba 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) mulai 3 Januari sampai 9 Januari 2023, jelas Kapolri sembari menambahkan Ops Lilin 2022 terdiri dari total 166.332 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

Ia menambahkan, pada pengamanan Nataru nanti, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. “ Dari sisi kesehatan, kita harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya lonjakan Covid-19, terlebih saat ini telah muncul subvarian baru omicron BN.1 yang lebih cepat menular.

Selanjutnya dari sisi keamanan terdapat beberapa potensi gangguan yang juga perlu diwaspadai, seperti; kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas jalan dan penyeberangan antar pulau serta kepadatan pada bandara, terminal dan Pelabuhan.

Terkait kejahatan konvensional, Kapolri menegaskan untuk meningkatkan patroli pada daerah rawan dan objek vital serta lakukan sosialisasi guna meningkatkan standar keamanan lingkungan dan tempat tinggal terutama bagi masyarakat yang bepergian.

Tak hanya itu, ancaman terorisme juga menjadi potensi gangguan yang serius. Kapolri menekankan bahwa aksi terorisme seperti di Polsek Astana Anyar tidak boleh terjadi. Oleh karenanya, kedepan deteksi dini dan preventive strike guna mencegah aksi-aksi terorisme, serta lakukan penjagaan ketat pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror.

Sedangkan terkait ancaman bencana alam, hal yang harus dilakukan adalah mempersiapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi sarana dan prasarana pendukung.

 “ Hal yang tak kalah penting adalah terkait pengendalian ketahanan pangan dan BBM. Upaya yang dilakukan adalah memonitoring di lapangan bersama Satgas Pangan dan stakeholder terkait guna memastikan kondisi dalam keadaan aman,” imbaunya.

Dalam hal sisi pengamanan ibadah Natal, agar dipastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi yang melibatkan TNI, BNPT, Jibom Brimob, K-9 dan Densus 88 AT. Kapolri juga meminta untuk melibatkan elemen masyarakat termasuk Ormas Keagamaan dalam pengamanan Natal sebagai wujud toleransi beragama.

Sedangkan pada lokasi wisata agar jangan sampai terjadi kemacetan dengan menyediakan lokasi parkir dan pengaturan alur jalan serta mengimbau wisatawan untuk patuh terhadap prokes. Untuk pengamanan pada perayaan malam tahun baru, lakukan pengetatan izin kegiatan karamaian dengan melakukan asesesmen bekerkjasama dengan penyelenggara dan stakeholder  terkait, beber Kapolri.

“ Perkuat juga strategi komunikasi publik melalui berbagai saluran komunikasi. Pastikan setiap pemberian informasi tidak hanya send, namun juga delivered sehingga masyarakat betul-betul terbantu dengan informasi yang diberikan. Hal yang perlu digarisbawahi, keberhasilan pengamanan Ops Lilin Toba 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita selesaikan. Oleh karenanya, kepada seluruh personel pengamanan agar senantiasa memperkuat pelaksanaan tugas. Dengan sinergitas dan soliditas yang baik maka masyarakat dapat melaksanakan ibadah Natal dengan khidmat dan merayakan tahun baru dengan penuh suka cita,” pungkas Kapolri.

Hadir dalam gelar apel tersebut, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal RHS, SIK, SH, MH beserta jajaran, Personil Pomal Belawan, Personil Sat Pol PP Kota Mesan dan Deli Serdang, Personil Koramil Belawan, Personil Yonmarhanlan l Belawan, Personil Dishub Kota Medan dan Puskesmas Belawan.

Usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2022 dan Tahun 2023 dilanjutkan Patroli Skala Besar dengan rute Jalan Raya Pelabuhan Belawan menuju Kampung Salam dan Pos Terminal Penumpang Bandar Deli dan kembali ke Mapolres Pelabuhan Belawan.

(MO/R14D1)

Share:
Komentar

Berita Terkini