Kesyahbandaran Utama Belawan Gelar Forum Komunikasi Humas Dan Bimtek

Editor: MARITIMONLINE.COM

Foto: Kepala Bidang Status Hukum dan Sertifikasi Kapal Fini,MT mewakili Plt Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan memberikan cindera mata kepada Desrin Pasaribu dan Pengurus Perwakim

MARITIMONLINE.COM-DELISERDANG-Forum komunikasi Humas dan Bimtek Kantor Kesyabandaran Utama Belawan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kehumasan yang diikuti 17 Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Sumatera Utara di Hotel Prime Plaza Kualanamu Jalan Sultan Serdang Desa Tumpatan Kecamatan Batang Kuis Deli Serdang, Rabu (21/12/2022}.

Dengan tema "Membangun sinergitas kehumasan untuk meningkatkan kualitas jurnalistik dalam era media sosial untuk maju bersama" Acara itu diawali dengan peserta menyanyikan lagu "Indonesia Raya" kemudian doa yang dibawakan salah seorang staf Kesyahbandaran Utama Belawan. 


Selanjutnya, kata sambutan disampaikan Plt. Kepala Kesyahbandaran Utama Belawan Capten Bharto Ari Raharjo bahwa mensinergikan tim Humas di setiap UPT untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.


"Kedepan memberitakan pemberitaan yang positif, realistis terhadap masyarakat dari peran Kementerian, utamanya di laut dalam mensukseskan program pemerintah baik di pusat maupun di daerah, untuk memajukan perekonomian Indonesia bersinergi dari sektor transportasi laut,"Ungkap Bharto.


Kepala Distrik Navigasi Belawan Arif Muljanto ST MT mengatakan bahwa Koordinasi kegiatan Bimtek Sinergi untuk  berkolaborasi semua bersama, UPT yang ada fungsi dan tugasnya bisa tersampaikan, peran KSU, OP, Navigasi, mudah mudahan ini bisa jadi pondasi yang baik.


"Akhirnya Bimtek ini adalah jadi wadah bagaimana meningkatkan tim kami untuk penguatan memahami subtansi subtansi, bagaimana mereka berkomunikasi dengan masyarakat, dengan memberikan informasi ada investasi, ada banyak kapal yang masuk sehingga ekonomi di Sumatera Utara tumbuh" ungkap Arif


Kemudian narasumber pertama disampaikan oleh Ega Ibra dari Waspada online dengan judul "Membangun media sosial yang efektif.". Ega Ibra mengatakan media sosial merupakan alat kemuhasan untuk menginformasikan kegiatan melalui beberapa konten. Akan lebih menarik bila disajikan dengan bahasa-bahasa yang sangat sederhana dan mudah dimengerti.


Bersosialisasi melalui media sosial lebih menarik jika disajikan sesuai pasarnya artinya disajikan sesuai tingkat umur, sasarannya siapa.


Sementara itu, penyaji kedua yakni Desrin Pasaribu mewakili Persatuan Wartawan Kawasan Industri Modern (Perwakim) menyampaikan "Perspektif pemberitaan di media online terhadap komunikasi publik". 


Desrin Pasaribu mengatakan bahwa media online memiliki kecepatan untuk menyajikan berita sehingga wartawan mengabaikan kaidah-kaidah penulisan berita yaitu 5 W + 1 H.

Berita yang disajikan. wartawan harus berimbang dan netral dengan memberikan gambaran yang jelas supaya tidak ada yang dirugikan.


Wartawan juga harus memperhatikan dampak dari pemberitaan itu.

Saat ini media online tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat baik yang tinggal di pedesaan, daerah maupun di kota. Dampak kecanggihan media elektronik saat ini dapat memperluas komunikasi masyarakat berbasis telekomunikasi dan multimedia.


Dia juga menyampaikan bahwa hubungan kehumasan dan watawan tidak dapat dipisahkan karena saling terkait. Kehumasan sebagai sumber berita sedangkan wartawan corong berita untuk dipublikasikan. Jadi ada hubungan yang saling menguntungkan. Beberapa keutungan hubungan keduanya mempercepat sosialisasi, menjawab issu yang beredar.


Sebagai pemateri berikutnya Ketua Fasi Airomodelling dan Drone Sumut Furqon Azhari dalam paparannya mengatakan pentingnya Kesyahbandaran Utama Belawan menggunakan drone untuk dapat menyajikan informasi dan untuk pemetaan suatu lokasi di laut karena drone itu sangat membantu kehumasan untuk mengetahui situasi dan kondisi apa yang terjadi, ujarnya


(DIAN)


 

Share:
Komentar

Berita Terkini