Berbagi Takjil Ramadhan Wujud Nyata Profil Pelajar Pancasila

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-DELISERDANG-Sebagai wujud nyata pengamalan 6 dimensi profil pelajar Pancasila, Puluhan pelajar SMP yang tergabung di ekskul Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 1 Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang mengadakan berbagi Takjil berbuka puasa gratis kepada masyarakat Kecamatan Batang Kuis yang melintas di Jalan Arteri Batang Kuis Tanjung Morawa, Rabu (5/4/2023).

Sebanyak 200 cup bubur untuk berbuka dibagikan oleh 50 anggota PMR yang berseragam lengkap yang didampingi oleh Guru dan Pembina PMR SMP Negeri 1 Batang Kuis.


"Kegiatan berbagi takjil ini baru kali ini kami lakukan, Kalau biasanya kami hanya mengadakan tadarusan di siang hari di sekolah. Tetapi tahun ini kami rangkai dengan kegiatan berbagi takjil secara gratis kepada masyarakat," Ujar Nazwa Safira Ketua PMR SMP N 1 Batang Kuis.



"Dan Alhamdulillahnya lagi, kegiatan berbagi takjil ini dananya dari uang kas PMR serta bantuan dari Pembina PMR. Dukungan orang tua kami juga sangat besar sehingga kegiatan ini terlaksana," lanjut Nazwa Safira.


Ardilla Pembina PMR menjelaskan, Bahwa kegiatan seperti berbagi takjil ini termasuk dalam salah satu Tri Bakti PMR yaitu berbakti berkarya di masyarakat, Selain meningkatkan kepedulian kepada masyarakat tetapi juga menumbuhkembangkan jiwa kemandirian sebagai relawan PMI yang berkarakter.


"Pemerintah saat ini mencanangkan program profil pelajar Pancasila yang memiliki 6 dimensi, apa yang dilakukan anggota PMR ini merupakan wujud nyata ke Enam dimensi profil pelajar Pancasila yaitu 1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, 2. mandiri, 3. bergotong royong, 4. berkebhinekaan global, 5. bernalar kritis, dan 6. kreatif," papar Yusika Ayati Wakasek Kesiswaan SMP N 1 Batang Kuis.



"Sehingga apa yang saat ini dilakukan akan menjadi contoh bagi rekan-rekannya dan semakin membuat peserta didik menjadi pelajar keemasannya Indonesia yang menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Serta menjadikan anggota PMR menjadi pribadi yang lebih rendah hati dan terus peduli kepada sesama, Sekolah akan terus mendukung kegiatan positif yang dilakukan, tidak hanya PMR tetapi semua ekskul yang ada di SMP N 1 Batang Kuis," Lanjut Yusika. 


Kegiatan yang berlangsung hanya 1 jam ini mendapat respon positif pengguna jalan, dan dirasakan sangat membantu sekali apalagi menjelang berbuka puasa dan tempat tinggal masih jauh.


(RED)

Share:
Komentar

Berita Terkini