Bukit Lawang Orangutan Trail Run Digelar, Wagub-Pangdam Lari 7 Kilometer

Editor: ℛℐᎯⅅℐ


MARITIMONLINE.COM-LANGKAT- Bukit Lawang Orangutan Trail kembali digelar. Sejumlah kategori lomba lari jarak jauh digelar dalam ajang ini.

Salah satunya lari dengan jarak 7 kilometer menyusuri jalan yang ada di lokasi wisata Bukit Lawang. Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah (Ijeck) dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin ikut menjadi peserta lomba di kategori ini.

"Saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik dan terima kasih kepada seluruh peserta yang berpartisipasi," kata Ijeck saat melepas peserta lari kategori 5 kilometer, Sabtu (27/5/2023).

Adapun kategori lomba dalam ajang ini yaitu mulai dari jarak 2 kilometer, 5 kilometer, dan 7 kilometer. Karena menyurusi wilayah Bukit Lawang, peserta bisa saja bertemu dengan orang utan yang memang tinggal di wilayah itu.

Assistant Event Director Bela Saragih menyebut ajang tahunan ini diikuti oleh sekitar 700 peserta di semua kategori. Selain dari Indonesia, peserta Bukit Lawang Orangutan Trail ini juga datang dari 13 negara.

"Total peserta di 7 kilometer ada 400 orang tapi belum termasuk peserta undangan sekitar lebih 100 orang termasuk Wagub dan Pangdam. Untuk kategori 50 kilometer ada sekitar 50 orang dan di 25 kilometer ada sekitar 60 orang. Peserta dari Sumut, Jawa hingga Papua, kalau dari luar negeri ada 13 negara diantaranya USA, Perancis, Vietnam, Malaysia, Belanda dan lainnya," sebutnya.


Menpora Beri Apresiasi


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo memberikan apresiasi terhadap ajang lari menyusuri Bukit Lawang ini. Dito menyebut ajang ini banyak manfaatnya.

"Kita sangat mengapresiasi Pak Ijeck yang telah menginisiasi acara yang bertujuannya mulia jadi ini satu acara tapi targetnya tercapai banyak. Pertama adalah mempromosikan Bukit Lawang, dimana sekarang jadi semua orang tahu bahwa di Bukit Lawang ini ada magnetnya yaitu orang utan dan sudah ada hotel yang bagus," ucap Dito.

Selain itu, Dito mengatakan ajang ini memberi dampak kepada pengembangan sport tourism, khususnya dalam pengembangan dan pembinaan atlet-atlet di Indonesia.

"Acara ini punya impact pada sport tourism, menjadi motor karena ini merupakan tujuan utama dari Kemenpora bersama Bapak Sandiaga Uno, kita ingin mengencangkan promosi daerah ini dengan menggabungkan antara turis, entertainment dan juga prestasi olahraga," jelasnya.

(MO/DEDY)

Share:
Komentar

Berita Terkini