Pasca Penemuan 4 Ekor Buaya di Boting Melintang, Dinas Perikanan Batu Bara Terus Cari Solusi

Editor: Pers Informasi Negara


BATU BARA, MARITIMONLINE.com – Beberapa waktu lalu masyarakat Nelayan dihebohkan dengan penemuan 4 ekor Buaya dikawasan boting melintang Perairan Kuala gambus laut Kecamatan Limapuluh pesisir Kabupaten Batu Bara, Jumat (05/05/2023)


1 dari 4 ekor Buaya yang ditemukan berhasil diamankan setelah ekornya tersangkut di Pancing Rawai milik warga Nelayan bernama Pak Mahlil (60) warga Gambus Laut Pada Senin 01 Mei 2023 sekira pukul 09.00 pagi.


Sementara 3 ekor Buaya belum tertangkap diduga masih berkeliaran disekitaran pesisir Pantai, hal ini menimbulkan ke khawatiran terhadap warga Nelayan tradisional khususnya para Nelayan pencari kerang. 


Menyahuti kegelisahan dan ke Khawatiran  masyarakat Nelayan Pemerintah Kabupaten Batu Bara melalui Dinas Perikanan dan Peternakan melakukan koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara dan Bidang KSDA WILAYAH II Pematangsiantar serta Seksi Konservasi Wilayah (SKW) III Kisaran.


Kepala Dinas Perikanan Peternakan Antoni Ritonga melalui Kepala Bidang Pemanfaatan dan Pengendalian Usaha Perikan Azmi mengatakan Pemerintah Kabupaten terus berupaya mencari solusi untuk menghilangkan rasa kegelisahan masyarakat Nelayan.


Kita sudah berkoordinasi dengan TIm BKSDA selama dua hari mulai Selasa 02 Mei hingga 03 Mei 2023 yang dihadiri Kepala SKW III Kisaran Alfianto Luat Siregar, S. Hut., MT.,M.PP, Kepala Resort Pelabuahan Tanjungbalai, CA Batu Ginurit dan SA. Sei Leidong Farid Ali Harahap, S.Hut, beserta Staf Anggi Elmolincont Tampubolon, S.I.Kom.


"Kami Dinas Perikanan tidak mau terjadi hal-hal yang tidak di inginkan terhadap masyarakat Nelayan khususnya Nelayan yang ada di Batu Bara, untuk itu kami akan terus mencari solusi bagai mana agar ke Khawatiran Nelayan bisa hilang, "kata Azmi.


Azmi juga mengatakan Dinas Perikanan akan menyelesaikan ke Khawatiran masyarakat Nelayan Pasca tertangkapnya 1 ekor Buaya sementara 3 ekor lainnya diduga masih berkeliaran di Daerah kawasan boting melintang Perairan Kuala gambus laut Kecamatan Limapuluh pesisir.


Terpisah Ketua DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Batu Bara melalui bendahara M. Hamdani mendesak Dinas Perikanan dan Dinas terkait agar segera mengevakuasi 3 ekor Buaya yang diduga masih ada berkeliaran di Perairan pesisir pantai Batu Bara.


Dikatakan nya, Daerah yang diduga buaya masih berkeliaran adalah wilayah Nelayan Tradisional khususnya ibu-ibu pencari kerang yang sebagian nya mencari kerang dengan mengarungi air.


(red)

Share:
Komentar

Berita Terkini