DPD HNSI Sumut Bersama Kombes Pol (Purn) Ikhwan Lubis Fasilitasi Kepulangan Nelayan Batu Bara

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-MEDAN – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Provinsi Sumut Zulfahri Siagian, SE, Bersama Kombes Pol (Purn) H. Ikhwan Lubis, dan Pengurus HNSI menjemput kepulangan Manda warga nelayan yang dipulangkan Pemerintah Malaysia usai ditangkap beberapa waktu lalu.

Manda asal Desa Kuala Tanjung Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara di jemput rombongan DPD HNSI di Airport Kuala Namu International, dengan Mengendarai Pesawat Batik Air dan mendarat di bandara Internasional Kualanamu Medan Sumatera Utara, Rabu (05/07/2023) Sekira Pukul 10.30 Wib.


Kepulangan Manda (16) dari Malaysia ke Tanah Air menggunakan pesawat Batik Air, dari Kuala Lumpur ke tanah air difasilitasi Kombes Pol (Purn) Ikhwan Lubis, SH, MH mantan Kapolres Batu Bara yang Bacaleg DPR-RI dari Partai Nasdem mulai dari tiket hingga pemulangan sampai ke rumahnya bersama DPD HNSI Sumut.



Kombes Pol (Purn) Ikhwan Lubis yang akrab disapa Bapak para Kaum Dhuafa dan Fakir Miskin dan anak Yatim Piatu itu mengaku sangat prihatin dengan kejadian yang dialami Manda, seharusnya masih duduk dibangku sekolah, mala ikut orang tua pergi melaut, Mirisnya lagi sampai tertangkap oleh pihak Malaysia.


Muhammad Rizky Amanda yang dipulangkan adalah satu dari enam orang Nelayan asal Kabupaten Batu Bara yang ditangkap oleh Pemerintah Kerajaan Malaysia lalu dipulangkan (dideportasi)

dikarenakan masih di bawa umur.


Mantan Kapolres Batu Bara Kombes Pol.(Pur) H. Ikhwan Lubis SH.MH. didamping Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ( HNSI ) Zulfahri Siagian, SE, Beserta Sekretaris KSJ Provinsi Sumut , Menjelaskan, Awalnya saya mendapat Informasi dari ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian kalau ada nelayan yang ditangkap oleh Negara Malaysia dan akan bisa dipulangkan dengan syarat menanggung biaya sampai ke negara Republik Indonesia.


Hal Senada juga dikatakan oleh Ketua HNSI Sumut Zulfahri Siagian, SE yang merasa sangat terharu dengan apa yang dilakukan Pendiri dan Pembina KSJ Pusat yang juga Penasehat DPD HNSI Sumut.


Dijelaskan Zulfahri, Masih ada beberapa orang termasuk Abang dan ayah Amanda yang ditahan pihak kepolisian di Negara Malaysia saat ini, Kebetulan H. Ikhwan Lubis SH. MH, Ini adalah Penasehat dari HNSI Sumut, Maka kami meminta saran dan arahan untuk tindak lanjut penyelamatan para Nelayan asal Batu Bara yang masih ditahan Kepolisian Malaysia. Untuk sementara ini kita telah memulangkan satu dari Enam orang Nelayan Indonesia yang ditahan di sana.



Kemudian dalam Keterangannya, Amanda mengaku, sudah dua minggu dipisahkan dengan Ayah dan Abangnya, dan tidak tau kemana arah tujuan .


Saya tidak tau arah kemana mau melangkah, hingga suatu hari tiba tiba ada yang mengurus Kepulangan saya ke Batu Bara dengan menaiki Pesawat saya pulang dan ada yang menjemput di bandara Lantas mengajak saya makan serta memberi uang untuk keluarga di rumah.


Seperti mimpi saya bisa pulang lagi kerumah dan bertemu Abang, Kakak, Emak di rumah. “Saya hanya bisa mengucapkan Terima kasih kepada Pak Ikhwan yang sudah menolong saya,” ucap Amanda, dengan raut wajah sedih sambil mengusap matanya.


(MO/DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini