KPK Diminta Usut Pembangunan Gate 3 Port Of Belawan Diduga Rugikan Negara

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN
- Gate 3 Port Of Belawan yang setelah selesai dibangun dan terlantar tak terurus. Pembangunan Gate 3 Port Of Belawan yang di mulai sejak tahun 2017 dan selesai sekitar 2021 silam tak jua kunjung difungsikan. Hal ini menjadi sorotan dan tanda tanya besar bagi publik. Ada apa dan kenapa Gate 3 ini tidak di fungsikan. Awak media melihat kondisi Gate 3 mulai rusak dan hancur dibeberapa bagiannya, Sabtu, (22/07/2023).

Pengacara ternama Kota Medan, Ibeng Syafruddin Rani SH, MH menyoroti tidak terurus dan difungsikan Gate 3 yang dibangun dengan menggunakan anggaran negara itu. Menambah kesan semrawutnya wilayah pelabuhan ini.


Ibeng mengatakan, Pembangunan Gate 3 Port Of Belawan ini tentunya telah direncanakan peruntukannya sebelum dikerjakan pembangunannya. Setelah selesai kenapa tidak di fungsikan, Bahkan terkesan diabaikan tak terurus. Sehingga terjadi kerusakan.



"Pembangunan Gate 3 ini sudah pasti menggunakan uang negara yang tidak sedikit. Sangat disayangkan kalau uang negara ini seperti sia-sia akibat tidak difungsikannya Gate 3 ini. Kita minta KPK segera turun ke Sumatera Utara dan melakukan pemeriksaan terhadap Gate 3 Port Of Belawan ini yang tak juga difungsikan. Diduga ada persekongkolan jahat yang mengakibatkan kerugian negara," ucap Ibeng yang juga Ketua Bidang Hukum DPD HNSI Sumut ini.


Senada dengan Ibeng, Eko Mihardi, SH yang juga Putra Belawan turut menyampaikan steatmennya terkait sengkarut Gate 3 Port Of Belawan yang belum difungsikan.


"Sejak selesai sampai sekarang Gate 3 itu tidak difungsikan. Kenapa ini bisa terjadi bertahun-tahun. Anehnya pihak PT. Pelindo 1 Belawan terkesan seperti diam dan tidak perduli setelah Gate 3 itu selesai dikerjakan," ujar Eko penuh tanya.



Selanjutnya ditambahkan Eko, Aparat hukum sudah seharusnya melakukan pemeriksaan karena diduga ada pelanggaran yang terjadi dalam penggunaan uang negara dalam pembangunan Gate 3 Port Of Belawan itu.


Humas PT. Pelindo 1 Belawan saat dikonfirmasi lewat WhatsApp di No. 0813 7616 XXXX menjawab dengan menuliskan, Gate 3 direncanakan akan menjadi main Gate untuk automatic Gate System yang penerapannya nanti merupakan salah satu tindak lanjut dari arahan Tim Stranas PK, dimana Pelabuhan Belawan akan difokuskan pada perbaikan dan pembenahan dalam rangka peningkatan layanan di kawasan Pelabuhan, sehingga diharapkan sistem Pelindo nantinya dapat diupgrade sesuai dengan standarisasi operasional pelabuhan kelas dunia.


(DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini