Terkesan Hamburkan Uang Negara, Gate 3 Port Of Belawan Tidak Berfungsi dan Terurus

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN- Gate 3 milik PT Pelindo I Belawan terletak di Jalan Pelabuhan Raya Belawan Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan tak juga difungsikan. Bahkan terkesan mubazir dan menghamburkan uang negara. Pantauan awak media, Selasa (18/07/2023).

Gate 3 milik PT. Pelindo 1 Belawan ini dibangun pada tahun 2017 lalu, Diduga menelan biaya mencapai miliaran rupiah. Bahkan Gate 3 itu sekarang terbengkalai dan terkesan tak terurus.



Bangunan Gate 3 sejak awal dibangun hingga selesai tak kunjung diresmikan peruntukkannya sebagai gerbang masuk/keluar menuju terminal peti kemas Belawan dan Samudra Perikanan Gabion Belawan. 

Tampak pada pos Gate 3 rusak serta kacanya hancur dan berserakan didalam posnya. Ditambah semen dan cor-cor an juga rusak. Aluminium pelapis tiang juga rusak. Terkesan uang negara yang terpakai jadi sia-sia dan dihamburkan tak berarti.



Selain pos penjagaan yang rusak, Beberapa dinding pembatasnya juga sudah ada yang rusak. Lebar ruas masuk dan keluar juga terlihat sempit untuk dilintasi kendaraan. Diduga pengerjaannya juga tidak sesuai spek untuk dilintasi truk-truk yang lalu lalang keluar dan masuk ke Pelabuhan peti kemas dan Gabion Belawan.

Togu Aritonang (47), Salah seorang pedagang ikan yang setiap hari melintasi Gate 3 untuk berbelanja ikan di Gabion Belawan kepada maritimonline mengatakan, Kalau memang bangunan itu tidak dipakai atau bergunan lebih baik dibongkar aja daripada bisa membahayakan orang lain.



"Bertahun-tahun Gate 3 ini tidak berfungsi sejak selesai dibangun. Mending dibongkar saja agar mudah bagi pengguna jalan untuk melintas. Selain itu kalau Gate itu difungsikan akan menambah pengeluaran bagi kami pedagang ikan yang setiap hari ke Gabion. Kami harus bayar nanti masuk di Gate 3 dan juga bayar lagi masuk ke Gabion," keluh Togu.

Sabtia Humas Pelindo 1 Belawan ketika di konfirmasi lewat WhatsApp nya di Nomor 08137616XXXX menuliskan, Gate 3 direncanakan akan menjadi main gate untuk automatic gate system yang penerapannya nanti merupakan salah satu tindak lanjut dari arahan Tim Strategi Nasional Pencegahan Korupsi. Dimana Pelabuhan Belawan akan difokuskan pada perbaikan dan pembenahan dalam rangka peningkatan layanan di kawasan Pelabuhan. Sehingga diharapkan sistem Pelindo nantinya dapat diupgrade sesuai dengan standarisasi operasional pelabuhan kelas dunia. 


"Perencanaan automatic gate system direncanakan rampung tahun ini dan terkait desain tidak ada masalah, dimana untuk ukurannya sama dengan gate yang ada di gate masuk tol Belawan," tulisnya.



Praktisi hukum ternama Kota Medan, Ibeng Syafruddin Rani, SH, MH turut mengkritisi mangkaraknya Gate 3 milik Pelindo 1 Belawan yang tak difungsikan ini.

Kepada awak media Ibeng (panggilan) menyebutkan, Karena pembangunan Gate 3 ini menggunakan uang negara, Tentunya harus ada pertanggung jawaban dalam penggunaannya. Kalau memang tidak bisa difungsikan kenapa harus dibangun. 



"Diduga ada unsur korupsi dan ketidakmatangan perencanaan dalam pembangunan dan penggunaan uang negara saat pembangunan Gate 3 ini. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kita minta untuk memeriksa dugaan kerugian negara dalam pembangunan Gate 3 ini," ujar Ibeng.


(DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini