HNSI Sumut Kunjungi PSDKP Stasiun Belawan

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-BELAWAN- Zulfahri Siagian, SE yang merupakan Ketua DPD HNSI Sumut didampingi Rusli Pulungan (Wakil Ketua) dan Togu Maulana Aritonang (Wakil Sekretaris) mengunjungi Stasiun PSDKP Belawan, Rabu (02/08/2023).

Kepala stasiun PSDKP Belawan baru saja serah terima Selasa 25 Juli 2023 lalu dari Bapak. Andre Syafullah kepada Bapak. Muhammad Syamsu Rokhman. 

tentunya sebagai salah satu penegak hukum di laut PSDKP sangat penting artinya kepada HNSI.


Fahri mengatakan, Dalam kunjungan silaturahmi tersebut banyak hal yang di bahas. Hal pentingnya adalah banyaknya aturan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang implementasinya belum sepenuhnya berjalan.



"Bahwa masih banyak kapal ikan yang tidak mempunyai izin penangkapan ikan berbasis  resiko (SIPI), Banyak kapal ikan yang tidak melaut karena hasil tangkapnya lebih kecil dari biaya operasional dan banyaknya nelayan yang kehilangan pekerjaan akibat kapal ikan yang tidak melaut," jelas Fahri.

Fahri menambahkan ada 3 pilar yang menjadi konsen HNSI Sumut hari ini yaitu: Aturan berjalan, Pelaku usaha hidup dan Nelayan bisa makan. Tentu ke 3 pilar ini menjadi PR bersama sehingga kondisi perikanan dapat lebih membaik.


Lebih lanjut disampaikan Fahri, DPD HNSI Sumut sudah melakukan upaya silaturahmi dan kunjungan ke beberapa instansi terkait perikanan antara lain, Kepala PPS Belawan (Bp. Asep Syaifullah) Dirjen Perikanan Tangkap (DR. Agus Suherman SPi, MSi) pada 25 Juli 2023, Direktur Kapal Perikanan dan Alat Penangkap Ikan (KAPI) KKP (Bp. Mochamad Idnillah) pada 26 Juli 2023, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Utara (Ir. Hamdan Syukri Siregar, S.Sos MM) pada  31 Juli 2023 dan hari ini ke Stasiun PSDKP Belawan.


Dari kunjungan silaturahmi yang kami lakukan tentunya mematuhi aturan pemerintah tentu sangat penting sehingga kami siap mendorong pelaku usaha dan nelayan untuk dapat mematuhi nya. Kemudian bahwa pelaku usaha dapat menjalankan usaha nya tidak kalah pentingnya sehingga kemudian para nelayan yang merupakan anggota HNSI tentunya dapat bekerja dengan baik sehingga dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya.



"Kami berterima kasih kepada Bang Syamsu kepala Stasiun PSDKP Belawan yang sudah menerima kami dan berdiskusi panjang mudah - mudahan terjalin sinergisitas yang baik kedepannya," ucap Fahri.

Kepala Stasiun PSDKP Belawan Muhamad Syamsu Rohkman yang didampingi Josia Sembiring mengucapkan terima kasih kepada DPD HNSI Sumut yang diketuai Bang Zulfahri Siagian yang sudah mendukung PSDKP dan berupaya agar kapal yang belum berizin agar mengurus perizinan. Kalau perizinan sudah tertib tentu  pelaku usaha perikanan bisa lebih nyaman.



(DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini