Maraknya Kebakaran, HNSI Sumut/Medan Kunjungi Pertamina Regional Sumbagut

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-MEDAN- DPD HNSI Sumut dan DPC HNSI Medan kunjungi Pertamina Regional Sumbagut di Jalan Putri Hijau Medan. Selasa, (17/10/2023). Kunjungan itu membahas terkait maraknya peristiwa kebakaran terhadap rumah warga nelayan di Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan.

Ketua DPD HNSI Sumut, Zulfahri Siagian, S.E meyebutkan, Dua bulan belakangan ini maraknya kebakaran yang terjadi di Bagan Deli Belawan akibat kegiatan pencurian BBM dari pipa milik Pertamina melintas di perairan Belawan yang dekat dengan pemukiman padat penduduk.


"Aktifitas pencurian yang telah berlangsung lama ini sangat membahayakan warga yang dekat dengan jalur pipa BBM Pertamina itu. Sebanyak 5 kali peristiwa kebakaran yang terjadi Dua bulan terakhir ini karena pencurian BBM dengan melakukan pengeboran ilegal pipa BBM milik Pertamina. Selain itu juga merugikan negara," Ucap Fahri.


Selanjutnya disampaikan Fahri, Sebagai organisasi masyarakat nelayan, HNSI merasa perlu melakukan kunjungan kepada Pertamina untuk memberikan masukan terkait masalah ini. Karena yang menjadi korban kebakaran adalah masyarakat nelayan yang ada di Bagan Deli.


"Kita menyampaikan masukan kepada Pertamina agar dilakukan sosialisasi secara berkala terkait pentingnya peran serta masyarakat dalam menjaga obyek vital negara dalam hal ini pipa BBM Pertamina yang di wilayah Bagan Deli Belawan. Target dari sosialisasi itu agar masyarakat ikut serta menjaga obyek vital itu dari pencurian yang terjadi selama ini. Sehingga peristiwa kebakaran tidak terulang lagi," Jelas Fahri lagi.


Satria selaku humas Pertamina Regional Sumbagut menyambut baik kunjungan pengurus DPD HNSI Sumut dan DPC HNSI Medan mencari solusi atas persoalan maraknya pencurian BBM milik Pertamina yang mengakibatkan terbakarnya rumah warga yang ada di Bagan Deli.


Kemudian Satria mengatakan, Masukan dari kawan-kawan HNSI sangat baik untuk jalan keluar atas persoalan yang terjadi belakangan ini. Segera kita akan lakukan kordinasi kepada HNSI untuk melakukan sosialisasi kepada warga disekitar jalur pipa BBM milik Pertamina.


"Selama ini kita juga telah melakukan koordinasi untuk pengamanan terhadap pipa BBM Pertamina kepada TNI AL dan Polri terkait menjaga obyek vital itu. Memang hasilnya masih belum maksimal," Tutup Satria.


Kunjungan HNSI ke Pertamina Regional Sumbagut ini berlangsung hangat dan akrab. Diakhir kunjungan dilakukan foto bersama pengurus DPD HNSI Sumut dan DPC HNSI Medan bersama humas Pertamina Regional Sumbagut.



(DIAN)





Share:
Komentar

Berita Terkini