Press Realese Polairud Poldasu Terkait Penangkapan Ratusan Ball Press Diduga di Manipulatif

Editor: ℛℐᎯⅅℐ


Ket Gambar : BB yang berhasil diamankan Polairud Poldasu
MARITIMONLINE.COM-BELAWAN-Barang bukti yang di paparkan pihak Polairud Poldasu dan Bea Cukai Belawan antara lain 127 Ball Press berasal dari Malaysia dan 1 buah kapal menuai tanda tanya Awak Media Maritimonline.com, Sabtu (7/10/22).

Diketahui sebelumnya, Minggu, 24 September 2023 dini hari, Pihak Polairud Poldasu melakukan penangkapan terhadap Dua (2) unit Boat yang membawa Ballpress (Monza) asal Malaysia di perairan Paluh Kurau Kabupaten Deliserdang

Dari keterangan yang berhasil di dapat awak media yang di peroleh dari sumber yang dapat dipercaya, Disitu turut diamankan pihak Polairud Polda Sumut antara lain, Ratusan Ball Press,2 Kapal Motor tanpa nama dan 5 buah unit truk dengan rincian 4 buah truk berwarna kuning dan 1 truk berwarna biru dibawa Petugas ke Mako Polairud Poldasu.



Pada saat penangkapan 1 KM terlihat tenggelam karena mengalami kebocoran. Sebagian Ballpress sempat dimuat dalam truk dan sebagian lagi terendam karena belum sempat dimuat ke truk karena keburu ketahuan oleh petugas Dirpolair Poldasu Belawan. Terlihat dalam foto tidak ada kapal bertuliskan KM Bintang.

Kemudian pada hari Jumat (6/10/23) Pihak Polairud Poldasu dan Bea Cukai Belawan merealese hasil pengungkapan kasus yang terjadi pada Minggu Dini hari pada tanggal 24/9/2023, Dihadapan awak media, Wadirpolairud Polda Sumut, AKBP. Erwin Wijaya Siahaan, SH., MH di dampingi Kasi Gakkum, Kompol DJ Naibaho di Mako Ditpolairud Polda Sumut, Jalan TM Pahlawan Belawan.

“Selain mengamankan 127 Ballpress, petugas juga mengamankan satu unit Kapal KM Bintang GT 31 bermesin di esel Mitsubishi 6 Silinder, satu bundel dokumen Kapal, satu helai Bendera Malaysia dan tiga buah buku Pelaut. Pada hari ini juga kita serahkan barang buktinya ke Bea Cukai Belawan., ”ucap Wadirpolairud Polda Sumut, AKBP. Erwin Wijaya Siahaan, SH., MH.



Sedangkan Nakhoda Kapal Faisal (40 tahun) warga Dusun Penjaga Barat, Kabupaten Batubara bersama dua Anak buah Kapal (ABK) nya berhasil kabur. Dan saat ini dalam pengejaran petugas.

Selanjutnya, Awak Media konfirmasi ke Kasubdit Gakkum, Kompol DJ.Naibaho SH terkait 5 truk yang diduga hasil penangkapan tidak di sebutkan dalam press realese.

"Truk itu parkir di seputaran pantai tersebut, Belum ada ball yang naik karena kapal karam dan tenggelam. Jadi belum bisa kita buat sebagai BB," jelas mantan Kapolsek Belawan itu.



Selanjutnya, Terkait  5 truk yang mengangkut Ball Press parkir di Mako Polairud berhari-hari,  Kasubdit Gakkum, Kompol DJ.Naibaho SH menjelaskan, Kami harus koordinasi dulu sama Bea Cukai.

" Mau berapa haripun parkir tidak masalah pak. Itu kan teknis kami. Karena kami harus juga kordinasi dengan bea cukai, Jadi kami tidak bisa suka2 hati, ada aturannya pak," tutupnya.

(Bersambung)



Share:
Komentar

Berita Terkini