Semarakkan HUT-24 KKP, PSDKP Belawan Gelar Baksos

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-MEDAN- Dalam rangka menyemarakan HUT-24 KKP, Stasiun Pengawas Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Belawan gelar  bakti sosial (Baksos) dengan tema Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan KKP dan PSDKP Sebagai Sahabat Nelayan, Rabu (25/10/2023).

Kepala Stasiun PSDKP Belawan P Muhamad Syamsu Rokhman, S, Pi, MH, mengatakan, kegiatan Baksos tersebut dilaksanakan secara bersamaan pada beberapa titik yang berbeda, Senin, 23 Oktober 2023.


Pelaksanaan Bakson di kawasan Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Belawan, PSDKP Belawan mengandeng pihak swasta yakni PT Belawan Samudera Abadi (BSA) untuk peduli terhadap masyarakat sekitar dengan membagikan 130 paket ikan dan sembako kepada nelayan serta panti asuhan. 



"Kegiatan ini bertujuan membantu masyarakat sekitar Belawan dalam rangka mencegah stunting pada keluarga nelayan," kata Syamsu.


Selanjutnya pada kegiatan Baksos di Lingkungan 1, Lorong 2 Umum, Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Medan Belawan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Kepiting I yang dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Stasiun PSDKP Belawan, Lisa Bremanti, S.T.P, M.P bersama anggota.


Jumlah peserta pada kegiatan ini ada  sebanyak 40 balita dan masyarakat sekitar. "Dalam kegiatan ini dilakukan pemaparan pencegahan stunting oleh dr. Firda Soraya serta pembagian goodiebag makanan sehat untuk balita dan doorprize untuk ibu balita," jelasnya didampingi Penyidik PSDKP Belawan Josua Suarta Sembiring, SH.


Sedangkan kegiatan donor darah dilaksanakan di Balai Pertemuan Nelayan PPS Belawan dengan jumlah peserta sebanyak 70 orang yang terdiri dari staff Stasiun PSDKP Belawan, PPS Belawan, DWP Stasiun PSDKP Belawan, Stasiun KIPM Medan II - BP2MHKP, perwakilan dari Lantamal I Belawan, mahasiswa magang IPB dan Poltek Dumai, perwakilan dari Ditpolair Polda Sumut, DKP Kota Medan, PT. Perikanan Indonesia Belawan serta stakeholder sekitar pelabuhan Gabion, Belawan.



Terakhir kegiatan Bakso pemberian bantuan ke panti asuhan Al-Jami’yatul Washliyah di Jl. KL Yos Sudarso, nomor 1, KM.6, Kelurahan Tanjung Mulia, Kecamatan Medan Deli berupa sembako sebanyak 30 paket yang diwakili Kepala Stasiun PSDKP Belawan dan Ketua DWP Stasiun PSDKP Belawan.


"Selain, Baksos kita juga melakukan pengajaran tentang bahaya sampah plastik pada kehidupan laut terhadap 250 pelajar mulai PAUD, SD, SMP dan SMK," ujar Syamsu.


Sebanyak tiga Satwas dan satu Wilker SDKP Lingkup Stasiun PSDKP Belawan dilibatkan dalam kegiatan ini yakni Tanjung Balai Asahan, Langsa, Rokan Hilir dan Dumai. 


(DIAN)

Share:
Komentar

Berita Terkini