Bupati Pakpak Bharat Bagikan Puluhan Alsinta Bantuan Dari Dirjend Kementerian Pertanian RI

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-PAKPAKBHARAT- Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard  Tumanggor membagikan puluhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berbagai jenis bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI  bagi Kelompok Tani di Kabupaten Pakpak Bharat guna membantu pengembangan program Food Estate (lumbung pangan baru) yang di garap di Kabupaten Pakpak Bharat.

Franc Bernhard Tumanggor mengungkapkan, bantuan alsintan ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah yang sangat serius pada sektor pertanian demi mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis, menitikberatkan pada upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.


“Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu dengan membangun kawasan lumbung pangan baru di Desa Ulumerah. Diharapkan dengan adanya alat mesin pertanian ini dapat mendorong produktivitas hasil pertanian di sana, mendorong sektor pertanian ke arah yang maju, mandiri, dan modern, meningkatkan luas garapan, intensitas tanam, efisiensi usaha tani, mengurangi kehilangan hasil, serta meningkatkan mutu dan nilai tambah produk pertanian,”jelas dia.



Lebih lanjut dijelaskan, Alsintan ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementerian Pertanian RI sebagai wujud nyata dukungan Pemerintah Pusat bagi pengembangan program Food Estate di Kabupaten Pakpak Bharat. Adapun bantun dimaksud adalah Cultivator (50 unit), Hand Sprayer (25 unit), Kendaraan Roda Tiga (20 unit), Traktor Roda Empat (20 unit), Pompa Air (10 unit), dan Corn Seller (4 unit).


“Terima Kasih kepada bapak Bupati, atas inisiatif dan upaya yang dia lakukan sehingga Pemerintah Pusat bersedia memberikan bantuan yang sangat besar ini, kiranya bermanfaat bagi kami, dan sehat-sehatlah selalu bapak Bupati, bersama sekuruh jajarannya, majulah pertanian Pakpak Bharat,” ucap Sadar Berutu, perwakilan petani saat menerima bantuan ini.


(MO/BERTOSINAGA)

Share:
Komentar

Berita Terkini