Jumbara II PMR PMI Kabupaten Asahan, Bernilai Positif Bagi UMKM dan Masyarakat Sekitar

Editor: MARITIMONLINE.COM


MARITIMONLINE.COM-ASAHAN- Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR merupakan ajang berkumpulnya relawan muda PMI yang profesional dan proporsional sesuai dengan 7 Prinsip Dasar Gerakan dan Tri Bakti PMR. Selain berdampak pada peningkatan kapasitas karakter PMR, kegiatan yang dihelat selama 4 hari (17-20 Desember 2023) ini juga bernilai positif bagi masyarakat terutama masyarakat disekitar lokasi kegiatan yaitu Desa Simpang Empat  Kecamatan Simpang  Empat Kabupaten Asahan. 

Agus Irwanto Ketua Panitia kegiatan menyampaikan, tujuan dihelatnya kegiatan Jumbara ini, selain menjadi ajang berkumpulnya para relawan muda PMI yang bergabung di unit-unit PMR di Sekolah yang ada di Kabupaten Asahan untuk belajar bersama tetapi juga ingin adanya peningkatan ekonomi bagi  UMKM masyarakat sekitar lokasi. 



Lokasi perkemahan peserta Jumbara yang mendadak ramai dengan adanya stand-stand pedagang yang menjual aneka aksesoris bertemakan Jumbara serta pedagang makanan dan minuman yang selalu ramai dikunjungi pembeli yang tidak hanya peserta Jumbara tetapi juga masyarakat yang ingin menyaksikan pertunjukan anggota PMR yang menampilkan berbagai karya cipta kreativitas mereka. 

“Kami masyarakat disini merasa sangat senang dengan diadakannya kegiatan Jumbara ini oleh PMI Kabupaten Asahan di Desa kami. Apalagi kami diperbolehkan membuka stand jualan. Selain kami terhibur dengan melihat berbagai kegiatan yang ada, tetapi secara ekonomi kami mengalami peningkatan. Walaupun hanya 4 hari kegiatan ini diadakan tetapi sangat bermanfaat sekali,” ucap Fery pemilik stand makanan. 



“Kegiatan yang tidak hanya diikuti unit PMR yang ada di sekolah di Kabupaten Asahan, tetapi juga dari PMR PMI  Kabupaten/Kota terdekat seperti Kota Siantar, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Batu Bara, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Labura. Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan arahan Ketua PMI Sumut Dr. H. Rahmat Shah, serta bimbingan Ketua PMI Kabupaten Asahan Armen Margolang, SP, begitu juga masyarakat dan aparatur pemerintahan serta badan usaha yang membantu kelancaran kegiatan ini,” tutup Agus Irwanto seraya berterima kasih.



(MO/S.HERLAMBANG)

Share:
Komentar

Berita Terkini